Retno Sumarah Proaktif Bantu Warga UMKM Bangkit di Tengah Covid-19

MALANG PROKOTA.Com – Sejak covid-19 memporak porandakan ekonomi rakyat, segala bentuk daya upaya terus dilakukan bagaimana caranya Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM) dibhumi Arema tetap hidup dan menghidupi masyarakat.

Hal itu dilakukan oleh Hj Dra Retno Sumarah.MM, Ketua Fraksi Golkar Nasdem dan PSI DPRD Kota Malang saat ditemui ProKota .com disela- sela pendataan Sabtu 14/11, dihalaman kediamannya jalan Terusan Wijaya Kusuma.

“Saya ada kegiatan pendataan UMKM. di wilayah kecamatan lowokwaru, tujuan saya membantu warga yg kesulitan meng- akses data secara online, berkenaaan bantuan Sosial tunai utk UMKM yg terdampak selama Covid 19. ini ada dana cuma- cuma masing masing yg punya usaha diiberikan bantuan sebesar 2 400 000. Per warga UMKM agar bersemangat, sudah sampai tahap ke 3 dan terakhir,alhamdulilah lancar,” Ungkap

mulai tahap 1, 2 dan 3. berjalan dengan lancar meski yang antri hingga tembus ratusan, “sangking banyaknya yg daftar waktu tahap 2 Sl sudah tembus 150 an. biar tetap protokol kesehatan, pada tahap 3 kami jemput bola ke RW RW supaya tdk bludak dirumah saya, biar jaga jarak kami data per RW, ” tegas politisi perempuan Golkar dapil Lowokwaru itu nyakin.

“Lokasinya penginputan data UMKM di RW06 di Letjen Sutoyo GG.5 no.12 (Lebah Madu Alam) yang dirumah lebih dari 200 orang pelaku UMKM di wilayah kec Lw waru berlanjut tahap 3,blm.kelar. td di RW. 06 Kel Lowokwaru mulai jam 10 pg sd malam hari sekitar 40 orang.

lanjut istri mantan Kadis Pasar (sekarang disperindagkop red) Moctar AH itu menambahkan bahwa rata rata mereka gagal masukan data secara on Line, mendal dan takut tdk lolos, terkecuali yg wilayahnya ada yg pinter IT, setelah diajari bisa input sendiri satu RW, insya allah bermanfaat bantuan pemerintah untuk UMKM, bangkit dan terus bersemangat angkat produk lokal,” pungkas anggota komisi C DPRD itu optimis.(dr/yas)