Rendra : Pemkab Malang Fokus Kembangkan Kebun Bangelan jadi Wisata Agro

PROKOTA, MALANG – Potensi wisata di Kabupaten Malang memang tak ada habisnya. Bupati Malang Rendra Kresna kini fokus untuk memaksimalkan keberadaan Kebun Bangelan Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur untuk dijadikan wisata Agro. Mengingat Kebun Bangelan ini memiliki banyak teh dan kopi.

Rendra menegaskan pengembangan kebun wisata Bangelan harus ada campur tangan dari pemerintah. Sebab keterbatasan dana desa untuk mengembangkan sektor pariwisata.

Untuk itu, pemkab akan fokus untuk meningkatkan infrastruktur dan sarana prasarana lainnya. Khususnya jalan menuju Kebun Bangelan. “Insyaallah jalan menuju kebun wisata bangelan akan kami lebarkan. Agar wisatawan yang berkunjung merasa nyaman,” ujar Rendra kepada PROKOTA.

Rendra mengatakan, di pulau Jawa, wisata agro pertama yang dibangun Belanda di Bangelan kisaran 1925. Berdasarkan sejarah Bangelan berasal dari bahasa Belanda yakni Bangeland artinya tempatnya uang yang kemudian orang Jawa ambil gampangnya hingga jadi kata Bangelan.

Wisata Agro di Bangelan kalau kita bisa menjual akan jadi tempatnya uang,” ucap pria yang juga ketua DPW NasDem Jatim ini.

Terlebih lagi, Kabupaten Malang strategi umumnya saat ini fokus pada pengentasan kemiskinan, pariwisata dan lingkungan hidup. Sehingga pemkab Malang mememiliki keseriusan untuk memaksimalman keberadaan Kebun Bangelan menjadi wisata Agro.

Dengan mengembangkan wisata Agro di Bangelan, lanjut Rendra harapannya bisa meningkatkan lapangan pekerjaan. Dengan demikian bisa menyerap pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kami optimis jika di utara sudah ada wisata agro di Lawang, Wonosari juga bisa menjadi ikon wisata Agro di sisi selatan. Dan tentu masih banyak daerah di selatan yang potensinya sama dengan Wonosari,” tandas mantan Wakil Bupati Malang ini. (*)