Rendra : Kami Optimis Raih Penghargaan Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha

PROKOTA, MALANG – Kesuksesan Desa Pujon Kidul sebagai Desa Wisata Unggulan menjadi tumpuan bagi Kabupaten Malang untuk meraih Penghargaan Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Hal itu ditegaskan, Rendra Kresna ketika menyambut kedatangan Tim Common Sense Survey Hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2016, dan Gelar Tanda Kecamatan (GTK) dari Kementerian Dalam Negeri di Ruang Anusapati Pemerintah Rabu (21/2/2018). “Kami optimis bisa meraih penghargaan tersebut,” ujar Rendra saat memberikan pemaparan dihadapan tim Kemendagri RI.

Kedatangan tim yang dipimpin Dyah Pancaningrum, SH, MTDev disambut Rendra Kresna dan OPD laknnya. Adapun maksud dan tujuan tim untuk melakukan verifikasi penilaian kinerja pemerintah daerah dalam rangka pemberian penghargaan Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha di Kabupaten Malang.

Rendra menegaskan beberapa program pembangunan di Kabupaten Malang diantaranya terkait tiga prioritas pembangunan sesuai dengan misi Madep Manteb Manetep yakni memperkuat daya dukung lingkungan hidup, menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan potensi pariwisata.

Selain itu, Rendra juga memaparkan hasil Kinerja Penyelenggara Pemerintah Daerah Kabupaten Malang terhadap LPPD Tahun 2016 sesuai yang diminta Kementerian Dalam Negeri.

Rendra menjelaskan Kabupaten Malang merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dengan luas 3534 Km2, terdiri dari 33 kecamatan, 12 kelurahan dan 378 desa dengan penduduk 2.705.395 orang.”Semua potensi apapun akan kami kembangkan,” ucap pria yang juga Ketua DPW NasDem Propinsi Jatim ini.

Sementara itu, Dyah Pancaningrum dan anggota tim CSS GTK melakukan survey lapangan untuk mengetahui langsung inovasi Pemkab Malang dalam upaya melayani masyarakat. Adapun survei yang dilakukan tim meliputi pelayanan Keluarga Berencana, pengolahan TPST Talangagung Kepanjen, dan keberhasilan Pujon Kidul sebagai salah satu Desa Wisata Unggulan Kabupaten Malang.”Pemkab Malang menjadi salah satu calon penerima Penghargaan Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha dengan nilai yang sudah baik. Kami datang untuk melakukan survey lapangan tentang apa yang sudah dipaparkan Pemkab Malang ke Kementerian Dalam Negeri,” tandas dia. (Red)