Rawan Peredaran Narkotika, BNNK Tuban Gelar Operasi Tes Urine Langsung di Dua Tempat Karaoke 

PROKOTA TUBAN – Gerakan masif mencegah peredaran narkotika terus dilakukan BNNK Tuban. Ini terlihat Jumat (11/10/2018) digelar operasi gabungan ke sejumlah tempat-tempat hiburan.

Tim gabungan tersebut Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, Satresnarkoba Polres Tuban, Kantor Kesbangpol, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan.

Tim gabungan ini menyasar tepat karaoke DK dan Happy Karaoke. Di dua tempat tersebut BNNK Tuban kembali menggelar tes urine di tempat hiburan malam, di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban, Jumat dini hari (11/10/2018).

Operasi ini secara mendadak dalam rangka pencegahan dini, dan pengawasan tentang peredaran obat terlarang di Bumi Wali Tuban. “Razia kali ini merupakan usaha menciptakan kondisi Tuban aman dan kondusif. Khususnya tidak ada peredaran obat terlarang di tempat hiburan malam,” ungkap Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana kepada PROKOTA.com

Dalam operasi gabungan itu, petugas gabungan ini langsung melakukan pemeriksaan identitas. Selanjutnya mereka menjalani urine secara sampling kepada pengunjung dan pemandu lagu di dua tempat hiburan malam tersebut.

Sebanyak 35 orang yang diperiksa tes urine akan tetapi hasilnya nihil.
Artinya tak ada satupun baik pengunjung ataupun pemandu lagu yang terdeteksi memakai Narkotika.

Demikian pula ketika digeledah juga tidak ditemukan obat terlarang yang dibawa pengunjung. “Kita melakukan sampling tes urine di dua tempat karaoke, dari 35 orang yang di tes urine hasil nihil. Ini menunjukan tren baik tentang kondisi hiburan malam,” kata mantan kepala BNN Kabupaten Malang ini.

Namun demikian, kata Made Arjana, menegaskan razia serupa akan terus dilakukan petugas gabungan dengan melihat situasi dan kondisi yang ada.
Hal ini dilakukan untuk mencegah peredaran Narkotika di tempat karaoke. “Razia serupa akan dilanjutkan secara berkala. Karena kami juga tidak ingin kecolongan,” tegas pria asal Bali ini.

Meski nihil temuan, lanjut Made, tidak bisa menjadi tolak ukur Tuban bebas dari peredaran narkotika. Sebaliknya, semua elemen masyarakat dan termasuk pengelola tempat hiburan malam ikut mensosialisasikan akan bahayanya menggunakan obat terlarang atau Narkotika. “Kita tentu berharap tidak ada penyalahgunaan obat terlarang di tempat karaoke,” tandas pria penghobi bersepeda ini. (*)