Purnawiyata SDN Gampingan 01 Perkenalkan Siswa Merakit komputer

PROKOTA MALANG – Sekolah Dasar Negeri Gampingan 01 Pagak di acara purnawiyata memberikan atraksi ketrampilan kepada siswanya dengan merakit komputer

Muhamad Suriptohadi,Kepala SDN Gampingan 01 Pagak mengatakan agenda purnawiyata dilakukan penyerahan siswa kelas enam sebanyak 48 siswa. Dalam kegiatan ini dimeriahkan mulai dari tari tradisional anak anak, drumband hingga paduan suara dari siswa kelas enam.

Tak hanya itu, setelah prosesi purnawiyata siswa kelas enam menyanyikan dua buah lagu. Yakni dengan judul waktu isih cilik dan terimakasih guruku. Kemudian dilanjutkan dengan membaca puisi.

Melalui lomba ini SDN Gampingan 01, kata Suriptohadi dalam menyongsong akreditasi perpustakaan nasional bisa tercapai dan mendapatkan dukungan dari semua kalangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kecamatan Pagak.

Uniknya dalam purnawiyata juga diwarnai pelatihan teknis merakit komputer jaringan kepada siswa agar mempunyai ketrampilan dasar dalam memahami komputer. “Anak anak kita latih tiga hari besok harus tampil dan kita perkenalankan  dengan komputer software dan hardware saja dulu,” ungkapnya.

Teknik dasar yang diperkenalkan kepada anak-anak seperti hardware mulai  hardisk, memory,  casing,  motherboard sebagai bagian utama yang bisa dirakit secara mudah.

Sementara Hasil evaluasi ujian anak anak tidak begitu mengalami kesulitan tetapi ada sedikit kendala di soal IPA dimana soal yang berkaitan organ wanita sebenarnya bagi anak anak desa menjawab soal itu sangat kesulitan. Seperti persoalan yang berkaitan kewanitaan atau menstruasi bagi anak laki – laki itu sangat sulit dijawab karena mereka tidak mengalami hal tersebut. “Semoga siswa yang lulus semua bisa melanjutkan ke pesantren atau sekolah dimana pun  tidak masalah,” tandas dia. (*)