Pilbup 2020, Saatnya Kader Terbaik NU Memimpin Kabupaten Malang

MALANG PROKOTA.Com – Perhelatan Pilkada Kabupaten Malang mulai hangat diperbincangkan. Maklum pemilihan bupati dan wakil bupati Malang akan dilaksanakan pada 2020 mendatang. Akan tetapi tahapannya akan dimulai oleh KPU Kabupaten Malang pada akhir tahun ini.

Untuk menyambut pesta demokrasi itu, NU sebagai ormas terbesar di Indonesia tak mau ketinggalan untuk mengusung kader terbaiknya untuk menjadi pemimpin di Kabupaten Malang.

Terlebih lagi, terpilihnya KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden menjadi inspirasi bagi pengurus NU untuk bisa mengusung kader terbaik NU untuk bisa tampil sebagai pemimpin di setiap daerah Propinsi dan Kota/kabupaten di Indonesia.

Buktinya Pengurus Wilayah PW NU Jatim yang dikomandani KH. Marzuki Mustamar sudah menggelar pertemuan dengan para kyai yang ada di wilayah Kabupaten Malang di pondok pesantren Sabilurrasyad, Gasek, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur pada 6 Agustus 2019 lalu.

Pertemuan itu tak lain membahas figur NU yang akan direkomendasikan menjadi calon Bupati Malang yang akan bertarung pada pilkada 2020 mendatang.

Dari pertemuan itu, PROKOTA.Com mendapatkan informasi ada tiga nama yang berpeluang bisa mendapatkan rekomendasi dari NU. Salah satunya dr Umar Usman yang kini menjadi Ketua PCNU Kabupaten Malang.

Selain itu ada nama Gus Ali yang merupakan Ketua DPC PKB Kabupaten Malang yang juga terpilih sebagai anggota DPR RI dapil Malang Raya serta H.M Sanusi yang kini menjabat sebagai PLT Bupati Malang.

Namun demikian, sosok dr Umar sangat berpeluang menjadi calon bupati Malang pada periode 2021-2025 mengingat dr Umar kini menjabat sebagai Ketua PC NU Kabupaten Malang.

Terlebih lagi dr Umar merupakan sosok pemimpin yang paling muda. Sehingga keberadaan dr Umar diharapkan bisa menjadi pemimpin masa depan di Kabupaten Malang. Terlebih dikalangan millenial.

PWNU Jatim memang menginginkan kader terbaik maju di Pilbup Malang 2020. Artinya sosok tersebut sudah terbukti menjadi figur yang tidak berseberangan dengan watak NU, menjaga kedaulatan NKRI serta mengawal teguh Islam Ahlussunnah wal Jamaah.

“NU didirikan untuk mengawal Islam ahlussunnah wal jamaah. Dan harapan kami, kader yang maju di Pilkada Kabupaten Malang nanti, adalah mereka kader NU yang terbaik,” ujar Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar kepada wartawan di kediamannya di Ponpes Sabilurrasyad, Gasek, Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kader terbaik NU, kata KH Marzuki yakni kader yang mampu mengemban amanah dengan watak NU. Yakni menjaga kedaulatan NKRI, aman untuk ahlussunnah wal jamaah-nya. Dan aman untuk masyarakatnya.

PWNU Jatim memang sudah berkoordinasi dengan PCNU Kabupaten Malang. Dalam pertemuan yang digelar tertutup itu, juga dihadiri Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur KH Anwar Iskandar, Plt Bupati Malang Sanusi serta Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Achmad dan dr Umar Usman.

KH Marzuki menegaskan para kyai hanya menitipkan pesan sekaligus menekankan kader yang maju di Pilbup Malang adalah figur yang benar-benar membawa nilai-nilai besar NU. Jadi para kyai hanya memberikan masukan kader yang full NKRI, Pancasila, Islam-nya pun ramah lingkungan yang full humanity.

KH Marzuki mengungkapkan NU di Kabupaten Malang memiliki banyak kader potensial yang layak diusung dalam bursa pencalonan di Pilbup Malang. “Hanya saja sementara ini kami belum bisa sebutkan namanya. Tapi yang jelas sudah banyak beredar diperbincangkan di masyarakat,” kata kyai karismatik ini.

KH Marzuki menegaskan NU akan melakukan kajian yang matang dalam menentukan figur yang dianggap layak direkomendasikan maju di Pilbup Malang. Karena NU tidak mau kandidat yang diusung prematur atau tergesa-gesa. “Intinya para kyai menyampaikan pesan untuk berpolitik yang maslahat,” tandas dia.

Terkait rekomendasi dari NU tersebut, dr Umar mengaku sangat siap apabila dirinya direkomendasikan NU menjadi calon bupati Malang. Sebab itu dianggapnya sebagai amanah. “Saya siap karena amanah ini sebagai bentuk ketawadukan atau kepatuhan saya pada kyai jika direkomendasikan NU untuk maju dalam pilkada nanti,” ujar dr Umar Usman kepada PROKOTA.Com.

dr Umar mengaku memiliki keinginan menjadikan Kabupaten Malang yang sehat apabila nantinya diberi amanah memimpin Kabupaten Malang. Mengingat dirinya berprofesi sebagai dokter.

Dan ini tentunya menyambung dengan misi Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan SDM unggul untuk menjadikan Indonesia Maju. “Nah kunci utamanya jika SDM nya inggin unggul ya tentunya generasinya harusnya sehat dulu sejak dalam kandungan,” kata pria yang kini juga menjabat sebagai direktur RS ini.

Tak hanya itu, dr Umar juga siap menjadikan Kabupaten Malang sehat di semua bidang. Artinya tidak hanya sehat jasmani dna rohani.

Akan tetapi sehat juga pendidikannya, sehat ekonominya dan sehat mentalnya. “Insyaallah jika diberi amanah kami siap memujudkan itu semua (Kabupaten Malang Sehat). Sehingga masyarakat Kabupaten Malang bisa makmur dan sejahtera,” tandas Umar. (*)