Petani Garam Di Pasuruan Keluhkan Anjloknya Harga, Yang Hanya Rp. 450 Perkilogram

PASURUAN PROKOTA. com – Senin (22/07/2019). Petani tambak garam yang ada di Desa Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur kecewa menyikapi anjloknya harga garam di bawah Rp 500 per kilogram (Kg).

Mereka berharap pemkab ikut terlibat dalam memperhatikan masalah ini, termasuk menyetop garam impor. Pemerintah diminta lebih mengutamakan garam rakyat.

“kami ini petani kecil, untuk biaya perawatan tambak dan alat-alatnya lumayan mahal. kalau ketika panem harga garam murah, kami ya pasti rugi. sekarang ini garam kami hanya dihargai Rp. 450 perkilogram (kg)”. ujar Yasin, salah seorang petambak garam.

Petani juga meminta agar ayda regulasi yang mengatur terkait batasan minimal harga. Sehingga petani tidak begitu sengsara ketika harga garam merosot.

“iya harapan kami harga garam bisa stabil lagi seperti tahun kemaren yang berada dikisaran harga Rp. 1.800, kalau untuk sekarang, kalau memang harus ada penurunan harga paling tidak dikisaran Rp. 1.500 supaya tidak terlalu merugi”. imbuhnya.(*)