Pesan Ganip Kepala BNPB Saat Kunjungi MBLC : Minta Warga Bhumi Arema Tak alergi PPKM

MALANG PROKOTA.Com – “Jadi jangan alergi dengan PPKM, karena itu bagian dari cara kita membatasi. Kembali ke masing-masing, kalau tidak perlu, jangan bepergian. Kalau tidak perlu, di rumah saja,” ucap Ganip Warsito saat berkunjung ke Kota Malang salah satunya je Posko MBLC jalan Pandan , pada Sabtu (31/7/2021) malam.

Hal itu diungkap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat kunjungi Posko MBLC,( malang Bersatu Lawan Corona).

Ganip Warsito menegaskan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih meluas. Maka selama itu baik, seharusnya hal ini bisa dimaklumi oleh masyarakat, termasuk jika harus diperpanjang.

Lanjut Ganip menambahkan, bahwa dalam penerapan PPKM masyarakat diharapkan bisa mengendalikan diri, agar tidak bepergian dan keluar rumah bila tak diperlukan.

“Karena PPKM itu strategi kita untuk mengendalikan. Itu cara memproteksi, seperti disiplin prokes, pakai masker, menjaga jarak, dan mengontrol mobilitas,” papar dia.

Ia menjelaskan, salah satu konsep utama dalam pelaksanaan PPKM adalah dengan membatasi atau mengurangi mobilitas masyarakat. Hal itu diyakini bisa meminimalisir risiko penyebaran Covid-19.

Selain penerapan masa PPKM tersebut, lanjtu Ganip, salah satu kunci utama yang harus dilakukan untuk meminimalisasi risiko terpapar Covid-19 adalah dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

“Hidup dengan disiplin. Jadi jangan tanya PPKM diperpanjang atau tidak, itu bagian dari mengendalikan laju penularan agar tidak semakin melebar, supaya kita bisa memutus rantai Covid-19,” harapnya.

Ganip juga meminta masyarakat agar tak takut divaksin, supaya terjadi kekebalan kelompok atau herd immunity.

Kita juga memproteksi dengan cara divaksin. Risiko kematian kecil saat terpapar Covid-19. Bukan tidak ada (risko kematian), tapi kecil,” pungkasnya yakin.(dr/tik/tok)