Perkuat Silahturahmi, Deklarasikan IKA At-Taufiqiyah Cabang Malang

PROKOTA, MALANG – Ikatan Alumni (IKA) At-Taufiqiyah Cabang Malang, Sabtu (7/4/2018) resmi terbentuk. Hal ini diketahui setelah puluhan alumni At- Taufiqiyah Aengbaja Raja, Bluto, Sumenep-Madura mendeklarasikan IKA At-Taufiqiyah yang dikemas dengan diskusi bertajuk “Revitalisasi Organisasi Dalam Mewujudkan Pengurus yang Progresif dan Kreatif” di Papimoon Coffeeston, Jalan Joyo Agung Kota Malang, Jawa Timur.

Adapun pengukuhan Pengurus IKA At- Taufiqiyah ini langsung dilantik oleh Ketua Dewan Penasehat Abdul Aziz, yang juga Direktur Eksekutif Lingkar Study Wacana (LSW) Indonesia. Setelah pembacaan ikrar Pengurus, secara simbolik Aziz menyerahkan Surat Keputusan (SK) Ketua Dewan Penasehat tentang Susunan Kepengurusan kepada Ketua terpilih.

Sebelum diresmikan, pembentukan IKA At-Taufiqiyah Cabang Malang sudah mendapatkan restu dari Dewan Pelindung sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren At-Taufiqiyah KH. Imam Hasyim, S.H., M.H. “Saya meminta langsung kepada Nak Abdul Aziz agar membimbing para alumni At-Taufiqiyah yang ada di Kota Malang. Agar terarah, dan mampu menangkal berbagai aliran, utamanya yang berbau radikalisme,” ujar Kyai Imam Hasyim, mantan Ketua DPRD Sumenep-Madura itu.

Sebagai pembicara, Abdul Aziz menambahkan bahwa lulusan At-Taufiqiyah harus menjadi alumni yang idealis dan kreatif memberikan sumbangsih terhadap Pesantren. Sehingga keberadaan IKA At- Taufiqiyah bisa menjadi pelopor dalam mendirikan organisasi kepesantrenan di tingkatan alumni yang bernama (IKA) At-Taufiqiyah di Jawa Timur khususnya.

Lewat lembaga IKA ini diharapkan bisa mempersatukan para alumni At-Taufiqiyah secara kesuluruhan, lintas angkatan di masing-masing daerah, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia. “Mau menjadi orang besar kuncinya adalah berorganisasi, dan juga harus idealis. Jangan sampai hanya otaknya yang idealis tapi perutnya kapitalis,” kata Aziz, yang mengajar matakuliah Kewarganegaraan dan Pancasila di berbagai Kampus di Kota Malang ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus IKA At-Taufiqiyah Cabang Malang, Moh. Syarifan Nahdi, putra Kyai Ilyasi Siradj mengatakan, pembentukan Ikatan Alumni At-Taufiqiyah diharapkan bisa menjadi organisasi pemersatu alumni dan menjalin tali silaturrahim antar alumni.

“Segera kami rapat kerja, nyusun program selama satu periode ke depan. Mudah-mudahan keberadaan IKA At-Taufiqiyah nanti bisa memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Jadi, tidak hanya kepada alumni,” tandas dia.

Selain dihadiri para alumni yang ada di Kota Malang, pelantikan dan diskusi keorganisasian ini juga dihadiri oleh para delegasi dari Ikatan Pemuda At-Taufiqiyah (IPMA) Kabupaten Sumenep, Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Alumni At-Taufiqiyah Kabupaten Jember, utusan dari IPMA Pamekasan, dan beberapa daerah di Jawa Timur. (*)