Perkuat Layanan dan Jaringan Akses Wisatawan, Among Tani Foundation Bangun Batu Cable Car Pertama di Indonesia

BATU PROKOTA.com – Tak dipungkiri Wisata Kota Batu sudah menjadi destinasi wisata.

Tak hanya wisatawan lokal akan tetapi juga wisatawan mancanegara.

Sadar akan hal itu Pemkot Batu terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam meningkatkan akselerasi pertumbuhan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Wisata Batu (KWB). Sehingga masyarakat Kota Batu bisa ikut merasakan dampak dari pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah.

Untuk itu, Pemkot Batu kemarin lakukan sosialisasi Batu Cable Car yang nantinya akan digarap ATF (Among Tani Foundation). Acara tersebut di gelar di Gedung Graha Pancasila Among Tani Kota Batu, Senin (9/9/2019)

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan pihaknya mengapresiasi serta mendukung penuh selaku regulator dan fasilitator pembangun proyek Batu Cable Car akan segera terwujud di KWB.

Selain itu, lanjut Dewanti, dirinya menghimbau kepada masayarakat khususnya Kota Batu juga ikut berperan aktif dan bekerjasama dengan pihak penyelenggara Batu Cable Car dengan memberikan kemudahan akses dan informasi yang di perlukan. Karena ini dampaknya juga untuk masyarakat Kota Batu.

Batu Cable Car ditargetkan tuntas akhir 2020, sehingga pada 2021 sudah beroperasi dengan investasi lebih dari 300 milyar rupiah yang akan melibatkan peran serta pemangku kepengtingan yang ada dikota wisata batu, tahap awal pembangunan cable car akan menempuh jarak 4-5 kilometer melalui 3-4 stasiun, dimana setiap stasiun akan dibangun dengan konsep one stop services, yaitu pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui penyediaan produk UMKM lokal yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sekaligus menikmati keindahan panorama wisata udara yang indah dikota wisata batu yang di apit oleh gunung arjuno dan panderman.

Dan nantinya khusus masyarakat yang berkependudukan dikota wisata batu bisa berinfestasi saham di cable car ini, untuk soal besar kecilnya itu nanti dipihak pengelolanya. Tutupnya

CEO ATF Ganisa Pratiwi menambahkan optimisme dalam melihat antusias masyarakat yang hadir pada acara launching Batu Cable Car. Batu Cable Car ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat KWB dan para pemangku kepentingan secara nasional. Warga menjadi pemilik rumah sendiri dengan guyub rukun gotong royong yang menjadi karakter budaya petani.

“Proyek Batu Cable Car ini pertama kali di negara Indonesia yang beroperasional dalam kota seperti di negara besar dunia. Dengan adanya proyek ini dapat membuka lapangan kerja secara kualitas kuantitatif serta dikelola secara nasional,” tandas dia. (*)