Perkuat Jajaran UPT Lab DLH Gelar In House Training

MALANG Prokota. Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang memasuki tahun 2019 terus berbenah untuk proaktif menuju Malang Kota Bebas Sampah, bersih dari sampah plastik, tak terkecuali lakukan peningkatan dijajaran UPT Laboratorium DLH untuk uji kebetsihan udara dan kualitas air, seperti yang dilakukan baru baru ini UPT Lab DLH lakukan Inhouse Training dengan materinya sampling dan analisa udara ambient.

Peserta dalam giat tersebut semua staf di UPT laboratorium dengan in house training bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta /PJT I Kota Malang

“Sedangkan pemateri dari P3KLL KLHK, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas Laboratorium Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, langkah pertama kami dahulukan adalah semua staf di Upt lab DLH sendiri sebelum berikan training pada pemerhati lingkungan,” paparnya.

“Tujuannya untuk peningkatan SDM analis UPT Lab dalam pengambilan sampling dan uji analisa udara ambient,” tandas ya optimis.

Lanjut  Niken Wiardhani, ST Kepala UPT Lab DLH Kota Malang itu  mengakui kalau  giat itu  inhouse Training itu bakal menyasar komunitas dan lembaga pendidikan, selain diklat maupun untuk lakukan follow up‎.

Terpisah kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Agoes Edy Poetranto saat dihubungi usai lakukan rapat kordinasi bersama jajarannya mengakui tetus lakukan optimalisasi program jetja masing masing UPT sesuai isi yang dituangkan dalam musresbang, termasuk target untuk menuju Malang kota bersih dan sehat” tutur mantan Kasatpol tersebut. Ditambahkannya bahwa DLH sejak berdiri 2017 itu tetus berbenah memotivasi bidang, UPT dijajaran DLH terus berpucu mendulang prestasi Lingkungan hidup, akhir tahun 2018, ada penghargaan pada 7 sekolah yakni 3 Adiwiyata mandiri serta Adiwiyata Nasional, sebelumnya  DLH lewat System E-MAS berhasil meraih penghargaan Pro OtodA, lalu bersama Kampung 3 G Bhumi Arema merahi penghargaan Proklim dari Kementrian LHK  RI ,  tandasnya nyakin bakal tetus berprestasi DLH ditahun 2019.

Masih kata kadis LH, Agoes Edy bahwa Kota Malang bulan ke tiga atau Maret bakal menjadi kota sebagai tempat pemasangan uji kualitas udara dari KLHK. “dari 45 kota yang ada di Indonesia, itu yang mudah dilihat warga soal kualitas udara  bisa dilihat di videotron secara otomatis, kora Malang hanya disuruh menyediakan tempat maupun ruangan untuk memotor, insya allah bisa menjadi kado HUT Kota Malang yang ke 105 yang akan jatuh tanggal 1 April.” pungkasnya.(*)