Perkuat Branding Wisata, PDAM Kota Batu Bakal Bangun Museum Air

PROKOTA, BATU – PDAM Kota Batu mempunyai target besar. Target itu tidak hanya memberikan pelayanan air 24 jam bagi pelanggan PDAM Kota Batu.

Akan tetapi ada target lain yang diinginkan Direktur PDAM Kota Batu Edi Sunaedi, yakni membangun museum air.

Tak tanggung tanggung biaya untuk membuat museum air ini sekitar Rp 48 miliar. Bahkan untuk mengawal program tersebut, PDAM Kota Batu meminta bantuan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu dalam pendampingan hukum.

Direktur PDAM Batu, Edi Sunaedi mengatakan, pendampingan hukum ini dibutuhkan untuk memastikan program ini tidak ada masalah hukum. Baik ketika proses membangun atau setelah pembangunan. Mengingat program pembuatan Museum Air nantinya melibatkan pihak ketiga ataupun pihak Pemkot Batu. “Kami butuh pendampingan dari Kejaksaan agar program ini nantinya lancar,” ujar Edi, (11/3/2018).

Pria yang akrab dipanggil Sokeh ini menegaskan, keinginannya mewujudkan museum air untuk memperkuat branding Kota Batu sebagai Kota Wisata. Sehingga keberadaan Museum Air nantinya bisa menambah wahana wisata edukasi kepada masyarakat.

Disamping itu, lanjut Sokeh, keberadaan museum air ini harapannya bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga sumber air. Sebab air ini merupakan sumber kehidupan. “PDAM ini perusahaan daerah yang jualannya air. Tentunya sudah menjadi kewajiban moral kami membuat museum air untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mereka ikut menjaga dan melestarikan keberadaan mata air,” tandas dia. (*)