Peringatan HPSN 2021, Kota Malang Terima Penghargaan Hingga dapat DID

MALANG PROKOTA.Com – Walikota Malang, Sutiaji mengapresiasi masyarakat Kota Malang yang telah berperan aktif dalam mengelola sampah di Kota Malang. “Bentuk kepeduliannya itu adalah dengan memilih dan memilah sampah sejak dari rumah sebelum di ambil petugas” ujarnya.

Upaya yang sederhana, lanjutnya, namun memberikan dampak positif bagi Kota Malang; hal ini harus terus di galakkan.

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu upaya pengelolaan sampah di Kota Malang adalah melalui Bank Sampah Malang (BSM). Adapun BSM tengah menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) sehingga dapat mengubah sampah menjadi bernilai ekonomis.

Perlu diketahui bahwa Kota Malang patut berbangga. Pasalnya kali ini Kota Malang mendapatkan Penghargaan Pengurangan Sampah dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kelautan (KLHK) pada Senin (22/02) lalu. Plakat penghargaan tersebut diserahkan secara virtual dalam kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021. Penghargaan ini diraih atas kinerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang yang ditopang partisipasi aktif warga dalam program pengurangan sampah.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, untuk ketiga kalinya, Kota Malang kembali mendapatkan Dana Intensif Daerah (DID). Terdapat 13 Kabupaten dan Kota serta 1 Provinsi yang meneriman DID tersebut. DID tersebut diharapkan dapat mendorong serta memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah dalam melaksanakan pengelolaan sampah.

Kinerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang beserta perangkatnya juga menjadi perhatian orang nomor satu di Kota Malang tersebut. “Kedepan harus terus ditingkatkan untuk mengukir prestasi di Kota Malang” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. Wahyu Setianto, MM., mengungkapkan penerimaan DID ini merupakan kali yang ketiga. “Kota Malang sudah ketiga kalinya mendapatkan Dana Intensif Daerah. Penilaian tersebut berdasarkan bagaimana kota atau kabupaten memilah dan mengurangi sampah,” timpalnya. (sfr/Ts/rd)