Pemerintah Kota Malang Lakukan Revisi Denda Bagi Yang Membuang Sampah Sembarangan Dari Rp.100 Ribu Menjadi Rp. 2,5 Juta

MALANG PROKOTA.com-Warning bagi masyarakat Kota Malang. Karena saat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang tidak main-main memerangi masalah sampah yang dibuang sembarangan ke sungai.
Terbukti pihak Pemerintah Kota Malang juga telah melakukan revisi besaran denda menjadi Rp 2,5 juta dari awalnya Rp 100 ribu.

Hal ini diungkap Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi menyampaikan, besaran denda itu saat ini masih diusulkan dalam rancangan peraturan daerah (ranperda) yang masih digodok yakni Perda Nomor 10 Tahun 2010.

Serius Kita melakukan revisi tersebut agar memberi efek jera bagi yang suka membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai, tandasnya kepada wartawan. Kamis (25/07).

Lanjutnya lebih jauh bahwa Peraturan ini dilakukan karena kebiasaan membuang sampah sembarangan di sungai merupakan kebiasaan buruk yang harus segera ditinggal. selain dapat menyebabkan air sungai tercemar, kotor, tidak sedap dipandang, sampah juga bisa membuat aliran air terhambat. Salah satu dampaknya adalah bencana banjir.

Jajarannya juga mengimbau agar masyarakat meningkatkan kesadarannya untuk mencintai sungai dan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, dari hasil kerja petugas saat melakukan normalisasi di saluran air dan sungai, selama ini selalu ditemukan sampah di hampir semua titik.

Kalau hal itu terus menjadi kebiasaan masyarakat tentu saja akan sangat buruk. Bagaimana nanti kondisi sungai kita terlebih buat anak dan lingkungan nantinya. tegasnya.

Lanjut Dyah bahwa aksi revisi Perda itu juga tetap menyampaikan himbauan, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terus dilakukan. Harapannya, tidak ada lagi masyarakat yang membuang dampah sembarangan lagi. Secara berangsur, ditargetkan kebiasaan membuang sampah di sungai hilang dan membuat sungai kembali pada fungsinya.

Keberadaan kader dan komunitas peduli lingkungan juga untuk menularkan cinta kepada sungai. tandasnya berharap.(*)