DOR ! Pegawai Lapas Wanita Sukun Kota Malang Digembleng Latihan Menembak di Lapangan Vicadha Shooting Range Kostrad

MALANG PROKOTA.Com – Pengetahuan menggunakan senjata api sangat dibutuhkan bagi petugas lapas Wanita Kelas IIA Sukun, Kota Malang.
Sebab pengetahuan tersebut diperlukan bagi mereka yang nantinya sewaktu waktu diberikan tugas untuk menjaga dan merawat keberadaan sarana senjata api yang ada di lapas.

Sadar akan hal itu puluhan petugas lapas wanita sukun Kota Malang itu belajar latihan menembak di Lapangan tembak Vicadha Shooting Range (VSR) yang berada di area kampung tentara Divif II Kostrad Singosari dibawah binaan Pangdivif II Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han).

Dalam kesempatan itu, satu per satu personil lapas secara bergiliran untuk melakukan latihan menembak dengan menggunakan senjata api jenis pistol. Termasuk Kalapas Ika Yusanti juga beberapa kali melepaskan tembakan dengan menggunakan pistol. “Kegiatan ini baru pertama kali digelar. Tujuan kami tidak lain agar petugas lapas memiliki pengetahuan tentang menggunakan dan merawat senjata api,” ujar Ika Yusanti selaku kepala Lapas Wanita kelas II Sukun Kota Malang disela-sela latihan menembak kepada wartawan PROKOTA.Com ini.

Lewat kegiatan ini, kata Ika harapannya petugas lapas mengetahui akan tata cara menggunakan senjata api yang tentunya disesuaikan dengan standar operasional yang ada di lapas. Mengingat hal ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan skill pegawai lapas agar mereka paham menggunakan senjata api. “Dan Alhamdulillah tadi rata rata pegawai lapas mampu latihan dengan baik. Meskipun ada yang baru pegang pistol pertama kali,” kata perempuan berhijab ini.

Dalam kesempatan itu, rombongan Lapas Wanita Sukun Kota Malang diterima Waketum Vicadha SC Letkol Deny Eka dan ketua Harian Vicadha SC Yusron Virmanza.

Tak hanya itu sebagai bentuk meningkatkan kemitraan dua instansi tersebut, Letkol Deny Eka yang mewakili Ketua Umum Vicadha SC Kolonel Inf Putra Widyawinaya juga menyerahkan piagam VSC kepada Kalapas Sukun Ika Yusanti dan sebaliknya Kalapas Sukun Ika memberikan piagam kepada VSC.

Deddy Cahya Prayitno salah satu pegawai lapas mengaku baru pertama kali latihan menembak. “Deg degan tadi ketika pegang pistol. Tapi setelah melepaskan dan dor, rasanya plong. Setelah itu baru agak santai,” kata dia.

Yusron mengatakan Vicadha SC memang getol mengajak elemen masyarakat untuk latihan menembak sebagai bentuk sosialisasi keberadaan lapangan tembak Vicadha yang berada kampoeng tentara Singosari Kabupaten Malang.

Mengingat lokasi lapangan tembak Vicadha ini memang sudah dijadikan sebagai tempat wisata menembak. “Jadi siapapun bisa pakai. Termasuk masyarakat sipil. Salah satunya hari ini pegawai lapas wanita sukun Malang,” kata pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini. (*)