Peduli Tradisi, Nanda Ajak Warga Lestarikan Pohon Janti

PROKOTA, MALANG – Kampanye Pasangan calon Walikota Malang Nomor urut 1, Dr Ya’qud Ananda Gudban di halaman Balai RW 09 Kelurahan Bandungrejosari, Sabtu (10/3/2018) sedikit berbeda dengan hari biasanya.

Kali ini Nanda mengajak warga untuk melestarikan Pohon Janti. Menandai itu, perempuan cantik yang selalu berhijab ini menanam pohon Janti di halaman depan Balai Kelurahan Bandungrejosari.

Rudi Arianto pemerhati sejarah dan lingkungan ini mengatakan, jenis pohon yang ditanam adalah pohon Janti atau Turi Kuning. Keberadaan pohon Janti ini sangat langka.

Apalagi, tanaman ini juga menjadi salah satu dasar Toponimi sebuah wilayah Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, yakni Janti. “Sangat susah mendapatkannya karena petani pun jarang yang menanamnya sehingga menjadi langka. Tanaman yang umumnya berbunga putih dan merah ini biasanya dikonsumsi dengan bumbu pecel,” ucap dia.

Dalam aksi tanam pohon itu, Nanda ditemani warga. Nanda mengatakan, kegiatan penanaman pohon Janti ini, diharapkan meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antar warga. Mengingat Pohon Janti ini sejatinya simbol kampung yang dikenal dengan sebutan Janti.

“Pohon Janti ini langka, jarang orang pasti tahunya pohon Jati, bukan Janti. Terlebih lagi ini simbol wilayah Janti ini. Paling ini tidak bentuk kepedulian untuk meneruskan tradisi leluhur,” kata Nanda sambil mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda ajakan mencoblos nomer urut 1, pasangan Nanda-Wanedi.

Melalui kegiatan ini, Nanda diingatkan warga Janti agar jangan sekali-sekali melupakan sejarah. “Semoga kalau Mbak Nanda nanti terpilih menjadi walikota Malang hal ini bisa menjadi salah satu program yang bisa dijalankan, agar Kota Malang dengan kesejarahannya & keragaman hayatinya bisa terjaga,” kata Yusuf salah seorang warga. (*)