Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman Mutasi Danrem 083 Baladika Jaya

PROKOTA, SURABAYA – Tampuk kursi pimpinan Komando Resort Militer 083/Baladika Jaya atau Korem 083/Baladika Jaya resmi berganti. Danrem 083 yang sebelumnya dijabat Kolonel Inf Bangun Nawoko menjabat sebagai Danrem 083/Bdj digantikan posisinya oleh Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo.

Prosesi sertijab digelar Jumat (23/3/2018) di balai Prajurit Kodam V Brawijaya Jalan Raden Wijaya No 4 Kota Surabaya. Prosesi sertijab dipimpin langsung oleh Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman.

Bangun telah menjabat sebagai Danrem 083 Baladhika Jaya sekitar tujuh bulan. Karena Bangun dilantik sebagai Danrem 083 pada 21 Agustus 2017. Bangun sendiri menggantikan Kolonel Arm Budi Eko Mulyono.

Selain Danrem 083, juga dilakukan pergeseran pimpinan di satuan lainnya di bawah Kodam V Brawijaya. Yakni Danrem 082/Citra Panca Yudha Jaya dari Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.I.P., kepada Kolonel Budi Suswanto, S.Sos, jabatan Danrindam V/Brawijaya dari Kolonel Inf Yufti Senjaya kepada Kolonel Inf Dendi Suryadi, S.H., M.H.

Pelepasan Kolonel Inf Daddy Estoe Widodo, S.l.P. Staf Khusus Pangdam VBrawijaya sebagai Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah pada Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN. Penerimaan jabatan Dandenma Kodam V/ Brawijaya dari Pangdam V/Brawijaya kepada Letnan Kolonel Inf Sarwo Supriyo serta penerimaan jabatan Kapuskodalopsdam V/Brawijaya
dari Pangdam V/ Brawijaya kepada Letnan Kolonel Arh Surya Dani, S H.

Dalam sambutannya, Pangdam V Brawijaya Arif Rahman mengatakan mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pejabat lama atas pengabdiannya selama bertugas di Kodam V/Brawijaya. Berbekal pengalaman tugas dan juga wawasan yang didapatkan selama bertugas di Kodam V dapat dijadikan bekal dalam pelaksanaan tugas di tempat yang baru.

Dan kepada para pejabat baru, Arif juga mengucapkan selamat datang dan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan Angkatan Darat, untuk mengemban tugas. “Kepercayaan dan amanah ini hendaknya diterima dan patut di syukuri,” ujar Arif Rahman.

Arif menegaskan, dengan bekal pengalaman tugas yang telah didapatkan selama ini. Para pejabat yang menempati tugas baru akan mampu mengemban tugas dengan baik di Kodam V/Brawijaya. Untuk itu, harus mampu memberikan karya terbaik. Sebab serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat merupakan kegiatan yang biasa dilakukan sebagai upaya regenerasi dan pembinaan satuan.

Untuk itu, lanjut Arif, pihaknya berharap pejabat baru utamanya pejabat Komandan Korem segera menyesuaikan diri dengan wilayah tanggung jawab yang diembannya. Menghadapi tugas baru ini dibutuhkan kesungguhan, fokus dan kepedulian yang maksimal baik dalam menghadapi tantangan tugas pokok maupun tantangan yang akan dihadapi.

Tak hanya itu, kerjasama dan sinergitas dengan instansi dan lembaga terkait harus ditingkatkan. Terlebih lagi, kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Bangun hubungan yang harmonis dengan unsur Forkopimda dan segenap komponen masyarakat di wilayah tanggung jawabnya.

Dan kepada Danrindam V/Brawijaya, Arif menegaskan, sebagai satuan lembaga pendidikan di bawah Kodam V/Brawijaya yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan latihan dan pendidikan bagi seluruh jajaran Kodam V/Brawijaya untuk menghasilkan prajurit yang profesional, handal, berkualitas dan memiliki militansi yang tangguh serta dicintai rakyat. “Oleh karena itu tingkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya manusia para Gumil, penyelenggara latihan dan pendidikan dengan belajar lebih giat untuk menyikapi perkembangan jaman,” tandas dia. (*)