Mantapkan Satgas Ramadhan Idul Fitri, Pertamina Terus Pantau Distribusi dan Pasokan BBM

MALANG PROKOT – 24 Mei 2019* – Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Tim Manajemen Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V lakukan inspeksi ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Malang pada Hari Jum’at (24/5). Kegiatan Management Walkthrough (MWT) ini dilakukan guna memastikan kesiapan sarana dan fasilitas yang berada di area operasi dalam persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri yang diprediksi akan jatuh pada 5 – 6 Juni mendatang.

General Manager Pertamina MOR V, Werry Prayogi menyampaikan bahwa Pertamina sudah mempersiapkan segala hal terkait pasokan BBM selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Pertamina telah membentuk tim Satuan Tugas Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) yang telah diaktifkan mulai dari H-15 sampai dengan H+15 Lebaran.

“Kami memprediksi akan ada kenaikan bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax Series) selama Ramadhan dan Idul Fitri 2019 sekitar 8% dari rata-rata normal di daerah Malang Raya, dari rata-rata konsumsi normal 1.220 KL per hari menjadi 1.320 KL per hari. Sedangkan untuk Gasoil (Solar, Dexlite, Pertamina Dex) diprediksi turun 17% dari rata-rata konsumsi normal 370 KL per hari menjadi 310 KL per hari,” ujar Werry.

Di waktu yang sama dalam tinjauannya, Werry juga menyempatkan diri untuk memastikan sarana dan fasilitas yang beroperasi di TBBM Malang berada dalam kondisi baik dan optimal. Werry juga kembali mengingatkan agar seluruh personil yang bertugas selalu bekerja dengan memperhatikan aspek safety.

TBBM Malang yang terletak di Jl. Halmahera tersebut didukung oleh sarana dan fasilitas 9 Unit Tangki Timbun dengan total kapasitas aman sebanyak 6.882 KL dengan rata-rata penyaluran sebanyak 1.785 KL per harinya. Penyaluran tersebut dilakukan ke wilayah diantaranya daerah Malang Raya, Batu, Blitar, Tulungagung, dan Lumajang. TBBM Malang juga melayani TNI dan POLRI dalam kebutuhan BBM kesehariannya. Untuk Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2019 ini, sebanyak 46 Mobil Tangki dan 141 orang Awak Mobil Tangki (AMT) akan siap beroperasi penuh guna menjaga ketahanan BBM selama Ramadhan dan Idul Fitri di daerah Malang Raya.

Selepas kunjungan di TBBM Malang, Werry bersama Tim Manajemen Pertamina MOR V menghadiri acara buka puasa bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Malang. Dalam silaturahminya tersebut, disampaikan bahwa Pertamina Marketing Operation Region V terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan BBM dan LPG pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

Werry meminta agar seluruh mitra Pertamina mendukung dan berpartisipasi penuh dalam upaya pelayanan kebutuhan BBM dan LPG selama masa Satgas RAFI 2019. “Untuk kelancaran proses distribusi pada Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Hiswana Migas, BPH Migas, Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas ESDM, dan juga mitra Pertamina lainnya,” tutup Werry.(*)