LSM AMATI-SETARA Soroti Pejabat Pemkab Malang Pelesir ke Rusia yang Kedua Kalinya

MALANG PROKOTA.Com – Berdalih pengembangan pendidikan pariwisata sejumlah pejabat Pemkab Malang yang dipimpin Sekda Didik Budi Muljono kembali pelesir ke Rusia.

Informasi yang diterima media online ini yang berangkat mendampingi Sekda Kabupaten Malang diantaranya Wahyu Hidayat (Kadis Cipta Karya), PLT Dinas Pengairan (Avisena), Kadispora C. Fathoni, Direktur RSUD Kanjuruhan Abdurrahman, dan kepala Inspektorat Tridiyah Maestuti.

Rombongan Pemkab Malang berangkat pada 11 September 2019 lalu. Diperkirakan selama 10 hari. “Dalam rangka pengembangan edutourism,” kata Didik.

Pelesir ke Rusia merupakan kedua kalinya bagi pejabat Pemkab Malang. Karena sebelumnya pernah dilakukan oleh pejabat Pemkab Malang pada 19 Agustus 2016 silam.

Bahkan waktu itu, rombongan dipimpin langsung Bupati Malang, Rendra Kresna dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko, bersama sejumlah kepala dinas dan rekanan proyek di lingkungan Pemkab Malang pergi ke Rusia.

Kepergian Bupati beserta rombongan untuk menghadiri Festival Indonesia di Moskow.

Namun faktanya pada pelesir Pejabat Pemkab Malang ke Rusia pertama kali tidak ada hasilnya bagi masyarakat Kabupaten Malang. “Faktanya tidak ada hasil yang signifikan,” ujar koordinator Aliansi Masyarakat Anti Korupsi Romadoni kepada PROKOTA.Com.

Anehnya, kata Doni, jika terkait pengembangan pariwisata ada beberapa kepala dinas yang tidak berkepentingan tapi juga ikut serta ke Rusia. “Apa hubungannya kepala dinas cipta karya, kepala dinas pengairan, direktur RSUD Kanjuruhan dan Inspektorat juga ikut ke Rusia, kalau kaitannya pengembangan pariwisata,” kata Doni.

Hal senada diungkapkan Asep Suriaman direktur LSM SETARA. Asep menduga kepergian pejabat Pemkab Malang tidak lebih untuk menghambur-hamburkan anggaran. Sebab pejabat yang sekarang ke Rusia karena sebelumnya di pelesir ke Rusia pertama tidak ikut.

Dan agenda mereka didanai oleh APBD Kabupaten Malang. “Kami minta pejabat pemkab bisa menjelaskan ke publik. Termasuk apa hasil kunjungan ke Rusia yang pertama dulu. Kok sekarang berangkat lagi ke Rusia,” tandas Asep. (*)