Kunjungi Situbondo, AHY Sempatkan Tebar Benih dan Disambati Anjloknya Harga Ikan Kerapu

PROKOTA, SITUBONDO – Usai diterima Ketua DPC Demokrat Situbondo Janur Sasra, Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kemudian menyambangi kelompok pembudidaya ikan kerapu menggunakan keramba jaring apung di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (5/4/2018). “Kedatangan kami ke Situbondo salah satunya mengunjungi dan menyerap aspirasi para pembudidaya ikan kerapu keramba jaring apung (KJA), guna mengetahui kendala dan keluhan pembudidaya,” ucap AHY.

Dalam kesempatan itu, AHY lebih banyak disambati soal kendala yang dihadapi nelayan. Kelompok pembudidaya kerapu KJA di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo mengeluhkan harga kerapu menurun drastis.

Kondisinya berbeda kata AHY, selama 10 tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sudah berpihak kepada nelayan dengan memberikan bantuan-bantuan yang sangat berarti. Sehingga tujuannya tidak lain meningkatkan taraf hidup para nelayan.

AHY mengungkapkan pembudidaya kerapu di sini kondisinya memprihatinkan. Penghasilan mereka berkurang drastis karena dulu harga ikan kerapu itu bisa mencapai Rp160.000 per kilogram.

Akan tetapi sekarang katanya turun Rp75.000 per kilogram. “Padahal kebutuhan hidup mereka juga semakin banyak apalagi harga-harga juga yang semakin tinggi ini harus menjadi perhatian kita semua,” tutur AHY.

Terkait kondisi itu, AHY menyampaikan kepada pembudidaya kerapu KJA di Situbondo agar tetap semangat walaupun situasi kondisi tidak baik. Untuk itu, Partai Demokrat akan terus berjuang bersama rakyat termasuk nelayan.

Dalam pantauan jurnalis PROKOTA, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono menebar benih atau bibit ikan kerapu di keramba jaring apung milik nelayan.

AHY juga menyempatkan diri duduk bersama dengan pembudidaya kerapu. Mereka terlihat akrab dan hangat dalam
diskusi soal kondisi nelayan. AHY juga menikmati suguhan air degan. (*)