KPUD Tetapkan Pasangan Badrut Tamam-Raja’e sebagai Bupati-Wakil Bupati Pamekasan Terpilih 2018-2023

PROKOTA PAMEKASAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan mengumumkan pasangan Badrut Tamam – Raja’e (Berbaur) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan periode 2018-2023.

Pengumuman penetapan disampaikan Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Hamzah dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Gedung PKPN, Jalan Kemuning, Pamekasan, Jumat (10/8/2018). Penetapan ini menyusul pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang memenangkan KPU Pamekasan dalam gugatan yang dilakukan oleh Paslon Kholilurrahman – Fathorrahman (Kholifah) pada hari Kamis (9/8/2018).

M. Hamzah mengatakan sesuai peraturan PKPU No 13 tahun 2017 bagi Paslon yang tidak ada gugatan ke MK ditetapkan setelah penetapan perolehan suara masing – masing di Kabupaten/Kota. Dan untuk di Jatim rata – rata telah ditetapkan pada 25 Juli 2018.

Sedangkan, di Pilkada kabupaten/kota yang masih melaksanakan gugatan ke MK, masih menyelesaikan proses sidang.”Sesuai PKPU No 3 tahun 2017 bahwa 3 hari maksimal dari putusan tersebut KPU sudah harus menetapkan Paslon terpilih. Namun kami ambil 2 hari yaitu hari kedua setelah putusan yang diterima dari MK, maka konsekuensinya kita harus melakukan penetapan itu,” ujar Hamzah kepada awak media.

Penetapan ini, lanjut Hamzah, nantinya akan disampaikan kepada pihak-pihak terkait seperti yang diatur dalam undang – undang. Melalui penetapan Paslon terpilih sebagai tanda bahwa tugas KPU telah berakhir.

Selanjutnya, KPU Pamekasan akan melanjutkan penetapan Paslon terpilih ini pada KPU RI dan dilanjutkan pada DPRD Pamekasan agar segera melakukan pelantikan, yang akan dilakukan oleh Kementrian Dalam Negri (Mendagri).“Proses – proses ini kami lakukan sesuai dengan tahapan – tahapan yang berlaku di KPU khususnya secara umum di Kabupaten/Kota termasuk juga di sini,” beber Hamzah.

Sementara itu, Bupati Pamekasan terpilih, Badrut Tamam mengucapkan banyak terima kasih terhadap semua pihak, baik parpol pendukung dan simpatisan khususnya bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pamekasan yang telah menciptakan Pilkada yang aman dan damai. “Pilkada di Pamekasan yang aman dan sejuk membuktikan kedewasaan berpolitik di Pamekasan. Ini patut kita syukuri bersama,” tandas politisi PKB ini.