KPU Kota Malang Siap Hadapi Gugatan Pemilu 2019

MALANG PROKOTA.Com – Pernyataan tegas disampaikan KPU Kota Malang, jika pihaknya komitmen menghadapi gugatan terhadap hasil pemilu 2019.

Meskipun, hingga saat ini belum ada pengajuan resmi yang ditujukan terhadap hasil pesta demokrasi di kota berjuluk Bumi Arema ini.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin saat menggelar silaturahmi dan buka bersama di Hotel Sahid Montana 2 mengatakan penyelenggara di tingkat PPK masih terikat dan bertanggungjawab jika nanti dimungkinkan ada gugatan hasil pemilu. “Kepada teman-teman penyelenggara di tingkat PPK, jika nanti ada gugatan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) di MK prinsipnya masih terikat bertanggung jawab terhadap hasil proses pemilu,” ungkap Zaenudin disela-sela acara Senin (27/5/2019).

Zainuddin mengatakan hingga saat ini belum ada pengajuan resmi PHPU atau gugatan hasil pemilu. Meskipun saat rekapitulasi tingkat kota, kubu paslon capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Sandiaga Uno juga tidak melakukan tanda tangan. “Sampai sekarang belum ada di tingkat daerah keberatan hasil pemilu, meskipun tidak menandatangani hasil rekapitulasi dari kubu 02, tapi mereka juga tidak mengisi draf keberatannya,” tambah dia.

Meskipun begitu pihaknya siap menghadapi jika ada PHPU. “KPU Kota Malang siap menyajikan data data apabila ada pengajuan gugatan MK,” tegasnya.

Disinggung mengenai masa jabatan komisioner yang habis 12 Juni mendatang. Zaenudin mengaku hal itu bakal jadi PR komisioner selanjutnya. “Kami terikat sampai 12 Juni, nanti jadi tanggung jawab komisioner selanjutnya.
Kita lihat dulu nanti (kemungkinan potensi gugatan hasil pemilu di kota Malang),” tandas dia.(*)