KPK Panggil Kepala BKAD Pemkab Malang Willem Petrus Salamena dan 5 Rekanan

PROKOTA MALANG – Usai memeriksa 9 orang Jumat kemarin (12/10/2018), penyidik KPK kembali menghadirkan 8 orang saksi pada hari ini Sabtu (13/10/2018).

Pemeriksan ini untuk melanjutkan penyidikan dugaan kasus dugaan suap dan gratifikasi Bupati Malang Rendra Kresna.

Pemeriksaan saksi hari kedua ini, 8 saksi dipanggil untuk dimintai keterangan di Polres Malang. Tiga diantaranya adalah pegawai di lingkungan Pemkab Malang, sisanya swasta. “Untuk pemeriksaan hari ini, kembali dilakukan pemeriksaan untuk saksi. Ada 8 orang yang dipanggil,” ujar Jubir KPK Febri Diansyah kepada PROKOTA Sabtu siang (13/10/2018).

Adapun delapan saksi yang dipanggil KPK hari ini adalah Ir. Henry MB Tanjung (Kabag TU Sekda Pemkab Malang), Willem Petrus Salamena (mantan Kepala Bapenda dan kini menjabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Pemkab Malang), Wahyudi (kepala seksi dinas di Pemkab Malang) sedangkan lima orang lainnya dari unsur swasta yakni H. Moh. Zaini Ilyas Ubaidillah, Choiriyah, Hadaningsih dan Hari Mulyanto.

Dengan pemanggilan 8 ini berarti sudah 18 orang saksi dipanggil penyidik terkait perkara yang melibatkan tersangka Bupati Malang Rendra Kresna.

Pemeriksaan saksi digelar di ruang Bhayangkari Polres Malang. Hanya saja kali ini berbeda dari biasanya.

Tampaktak terlihat aparat kepolisian berseragam berjaga diluar pintu ruang pemeriksaan. “Ini pemeriksaan dua kali bagi saya. Sebelumnya saya pernah dipanggil KPK pada 2016 di gedung Merah Putih Jakarta,” kata Willem. (*)