KPK Panggil 18 Saksi, Satu Diantaranya Pengusaha Besar di Malang

PROKOTA MALANG – Usai menahan dua tersangka Bupati Malang Rendra Kresna dan Ali Murtopo (swasta), KPK terus melakukan pendalaman terkait dugaan kasus suap dan gratifikasi.

Selasa (16/10/2018), Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemeriksaan sejumlah saksi di Mako Polres Malang.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan hari ini ada sebanyak 18 nama saksi yang dipanggil menjalani pemeriksaan sebagai saksi. “Penyidik hari ini masih melanjutkan pemeriksaan saksi-saksi. Pemeriksaan saksi ini untuk dua tersangka RK Bupati Malang, dan AM pengusaha. Dari 18 orang yang dipanggil, ada satu yang tidak hadir,” ujar Febri kepada awak media.

Adapun para saksi yang dimintai keterangan, kata Febri mereka berasal dari unsur swasta, pegawai atau ASN di lingkungan Pemkab Malang, pengawas sekolah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang.

Sedangkan terkait materi pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik KPK, antara lain mendalami dugaan penerimaan-penerimaan lainnya (gratifikasi) kepada tersangka RK dalam kapasitasnya sebagai orang nomer satu di Kabupaten Malang.

Menariknya, dari sekian pengusaha yang dipanggil KPK sebagai saksi ada Direktur PT Anugerah Citra Abadi (ACA), Iwan Kurniawan.

Seperti diketahui, sebelumnya tim penyidik KPK juga sudah melakukan penggeledahan kantor dan rumah tinggal pengusaha yang akrab dipanggil Iwan 52. “Tim penyidik KPK sudah melakukan penggeledahan di rumah tinggal dan kantornya. Hasilnya, penyidik telah menyita beberapa dokumen proyek yang sedang diusut saat ini,” kata Febri.

Tak hanya Iwan Kurniawan, sejumlah nama pengusaha yang lainnya juga tak luput dan menjalani pemeriksaan KPK antara lain I Nyoman Artawan (Direktur CV Atrium Delapanbelas), Wayan Sumerjaya (Direktur CV Sandan Utama), dan Khoirul Hidayat (Marketing CV Wardhana).

Inilah Daftar 18 Saksi yang Diperiksa Tim Penyidik KPK di Mako Polres Malang Selasa (16/10/2018).

1. I Nyoman Artawan (Direktur CV Atrium Delapanbelas)

2. Wayan Sumerjaya (Direktur CV Sandan Utama)

3. Iwan Kurniawan (Direktur PT Anugerah Citra Abadi)

4. Khoirul Hidayat (Marketing CV Wardhana)

5. Kusnul Farid ( PNS kabupaten Malang, mantan kasubag perencanaan dinas pendidikan tahun 2009-2011 sekaligus sbg ketua panitia lelang dinas pendidikan kabupaten malang tahun 2011-2012)

6. Mashud Yunasa (Direktur PT Nyata Grafika Media (Jawa Pos Group)

7. Ni Luh Desi Susilawati (Direktur CV BAnkit Jaya Lestari)

8. Pudianto (Plt kepala dinas pendidikan kabupaten Malang, kepala bisang sekolah menengah sekaligus sebagai PPK bidang sekolah menengah dinas pendidikan kabupaten Malang tahun 2011-2012)

9. Ricky Meinardhy (Kepala bidang pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan dinas leingkungan hidup kabupaten Malang)

10. Sinar Alam Hesti (Direktur CV Sinar Abadi)

11. Gatot Wahyudi (Direktur operasional di Tigas Serangkai (2000-2017)

12. Edy Waluyo (Kuasa direktur CV Lagaran)

13. Sri Wahyuni (Wiraswasta)

14. Sudarjo (pengawas sekolah luar biasa dinas pendidikan kabupaten malang (mantan kepala seksi sarana prasarana sekolah menengah tahun 2008)

15. Sudarso (Direktur CV Bakti Dwi Tunggal)

16. Suwandi (Kepala badan kepegawaian daerah kabupaten Malang tahun 2012-2016 (kepala dinas pendidika nkabupaten malang tahun 2007-2012)

17. Suwignyo (Kepala seksi evaluasi perencanaan dan pelaporan badan perumahan kabupaten Malang (pensiunan PNS)

18. Tri Darmawan Sambodho (Kasi pengembangan Aptika dinas kominfo kabupaten Malang (admin PPE pada LPSE Kabupaten Malang tahun 2011-sekarang).

Sumber: Juru Bicara KPK, Febri Diansyah