Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lakukan Evaluasi Pemilu 2019

MALANG -Prokota.com. Evaluasi tetap dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang mengklaim telah memfasilitasi kebutuhan kampanye kepada masing-masing partai politik (parpol) dalam Pemilu 2019.
Meski sampai penyelenggaraan Pemilu 2019 rampung digelar, belum ada gugatan terhadap KPU Kota Malang perihal pemberian fasilitas kampanye.
“Segalanya kami berikan sama, sesuai aturan. Sampai saat ini tidak ada gugatan,” ungkap Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas ketika ditemui wartawan usai Rapat Evaluasi Pemberian Fasilitas Kampanye di kantor KPU Kota Malang, Senin (22/7/2019).
Perlu diketahui bahwa berdasarkan Peraturan KPU, setiap parpol peserta pemilu berhak mendapatkan fasilitas alat peraga kampanye (APK) berupa 10 baliho dan 16 spanduk.
Bahkan selain itu juga, KPU menyediakan bahan kampanye berupa selebaran, pamflet, brosur, poster dan sticker yang apabila dikonversi menjadi uang nilainya sama dengan Rp 60 ribu.

Aminah menegaskan jika hasil rapat evaluasi menunjukkan bahwa yang banyak dipertanyakan adalah teknis pemasangan alat peraga kampanye (APK),” malah sempat membuat peserta pemilu saling bersitegang. Tapi Alhamdulillah semua bisa kami atasi dengan cara persuasif,” paparnya.
Lebih lanjut, Aminah yang slumni UMM itu lebih jauh mengatakan kalau proses yang harus dijalani KPU nyaris rampung.” Tegasnya.
Yang tersisa, adalah kewajiban untuk mengirimkan salinan hasil Sidang Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi DPRD Kota Malang kepada Gubernur Jawa Timur.
“Kalau sudah 88diserahkan, nanti Gubernur yang memutuskan kapan pelantikan kepada Anggota DPRD Kota Malang akan dilaksanakan,” katanya nyakin.(*)