Kokohkan Kedaulatan NKRI, Haflah Akhirussanah ke 16 Yayasan Darul Hikmah An Nawawi Gelar Silahturahmi Ulama, TNI-Polri, Umaro serta Ulama Mancanegara

PROKOTA, MALANG – Suasana meriah terlihat saat acara Haflah Akhirussanah ke-16 Yayasan Darul Hikmah An-Nawawi, Kebonsari, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat malam (6/4).

Mengingat tahun ini digelar Festival Sholawat khusus TNI dan Polri se wilayah Kodam V/Brawijaya.

Bahkan masing masing satuan TNI-Polri menampilkan tim yang terbaik dalam bershalawat dengan diiringi terbang banjari. Sehari sebelumnya juga digelar Festival Shalawat se Malang Raya untuk umum.

Pengasuh dan pimpinan Yayasan Darul Hikmah An-Nawawi, KH Muhammad Yusuf Abdurrahman mengungkapkan festival sholawat kali ini diikuti 19 grup dari TNI dan Polri se wilayah Kodam V/Brawijaya. Kegiatan ini sebagai upaya menguatkan hubungan silahturahim antara TNI-Polri dengan ulama serta masyarakat dalam mengkokohkan semangat menjaga kedaulatan NKRI.
“Jangan sampai masyarakat kurang yakin dan kurang percaya kepada TNI Polri. Lewat kegiatan ini tentunya hubungan semakin bagus dan harmonis. Ini kewajiban kita sebagai anak bangsa untuk memperkokoh persatuan dan kedaulatan NKRI, tidak memandang suku, ras dan agama,” ujar KH Muhammad Yusuf dalam sambutannya.

Lewat kegiatan ini pula, kata Yusuf, semakin meluaskan syiar Islam baik di masyarakat, lingkungan TNI dan Polri. Ditengah kesibukkannya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan negara, TNI dan Polri masih punya waktu untuk bersholawat kepada nabi yang diiringi terbang banjari.
“Ini sesuatu hal yang luar biasa, prajurit TNI dan Polri bershalawat bersama masyarakat,” tuturnya.

Festival shalawat dan albanjari ini, lanjut Yusuf merupakan salah satu penyemangat cinta Nabi Muhammad SAW dan cinta shalawat.

Sedangkan untuk kriteria pemenang dinilai dari vokal, adab dan instrumen yang dibawakan oleh masing-masing grup.
“Vokal yang bagus, serempak antara vokal dan backing, nada naik tingginya. Adab dinilai dari kesopanan, ketertiban dan kekompakannya,” kata ketua pelaksana Gus Umar Hamzah disela-sela acara.

Selain festival shalawat, puncak kegiatan acara Haflah Akhirussanah ke 16 ini juga digelar silaturahmi antara ulama dan umaro. Bahkan hadir pula ulama mancanegara.

Untuk ulama yang hadir tidak hanya dari Malang Raya. Akan tetapi menghadirkan ulama dari tujuh negara mulai dari Malaysia, Vietnam, Denmark, Singapura, Libya, Kamboja dan Thailand.

Acara itu dihadiri Panglima Komandan V Brawijaya, Kapolda Jatim, Danlanud Abdulrachman Saleh, Pangdiv 2 Kostrad serta Ketua MUI KH. Ma’ruf Amin. “Semoga acara seperti ini dapat menjalin kebersamaan, persatuan dan silaturahmi antara masyarakat, ulama, kyai, ustadz, tokoh-tokoh juga dari pejabat. Suasana seperti inilah yang bisa menyatukan bangsa ini. Terlebih lagi kebersamaan ini bisa disaksikan langsung oleh ulama Negara lain. Tentunya hal yang luar biasa,” tandas KH Ma’ruf Amin. (*)