Keunggulan Pesona Desa Wisata di Ngantang Dipamerkan ke 39 Negara

PROKOTA MALANG – Bupati Malang DR H. Rendra Kresna sepertinya tak pernah puas untuk terus menciptakan keberadaan Desa Wisata. Maklum keberadaan Desa Wisata memang telah terbukti bisa mensejahterakan masyarakat desa.

Setelah sukses dengan menciptakan Cafe Sawah yang ada di Desa Pujon Kidul, yang terbaru, Rendra melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan meresmikan Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang Jawa Timur sebagai Desa Wisata pada Minggu (27/8/2018).

Bahkan dalam kesempatan itu, keberadaan Desa Wisata Mulyorejo langsung diperkenalkan kepada pengunjung di 39 negara yang kebetulan mengikuti program UCamp UM di Desa tersebut.

Mereka tinggal selama dua hari dan membaur bersama warga. Bahkan mereka juga outbond bersama warga.

Disamping itu, dalam kesempatan itu juga akan digelar sarasehan terkait peningkatan bidang kepariwisataan dan lingkungan Hidup.

Dalam peresmian itu, selain dihadiri Wabup Malang HM Sanusi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Made Arya Wedhantara juga hadir anggota DPR RI Kresna Dewanata Phrosakh. “Setiap tahun kami melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selalu melakukan terobosan untuk menciptakan desa wisata. Sebab ini terbukti memberikan manfaat bagi masyarakat desa,” ujar Rendra seusai meresmikan Desa Wisata Mulyorejo.

Made Arya menambahkan pihaknya setiap tahun memang diminta bupati untuk menciptakan desa wisata. Karena ini terobosan beliau dalam rangka percepatan kemandirian desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, bagi desa yang memiliki potensi pariwisata, pihaknya langsung melakukan advokasi sampai dengan menyiapkan infrastrukturnya untuk dikembangkan sebagai desa wisata. “Ya semoga saja terobosan ini bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat desa itu sendiri. Sebab mereka yang nantinya menjadi pelaku,” tandas Made. (*)