Janur Sasra Ananda, Sosok Ketua DPC Demokrat Situbondo yang Dikenal Loyalis dan Dermawan

PROKOTA, MALANG – Loyalitas Janur Sasra Ananda sebagai Ketua DPC Demokrat Kabupaten Situbondo tak perlu diragukan lagi. Ini terlihat Kamis kemarin (5/4/2018) Janur Sasra sangat antusias untuk memberikan penyambutan terbaik ketika Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kosgama) DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat kunjungan ke Situbondo.

Bahkan pantauan PROKOTA, Janur Sasra yang merupakan mantan aktivis HMI ini sangat setia mendampingi AHY dari acara demi acara sampai selesai selama kunjungan di Situbondo.

Bahkan, saat AHY hendak berangkat ke Keramba Budidaya Ikan Kerapu di KJA di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo nampak terlihat Janur Sasra rela mendorong kapal yang ditumpangi AHY bersama rombongannya. Semua itu dilakukan tanpa rasa canggung meski dihadapan kader dan pengurus DPC Demokrat. “Loyalitas pak ketua (Janur Sasra) terhadap Partai Demokrat memang luar biasa,” ujar salah satu pengurus DPC Demokrat Situbondo, Jamal abdul Rasyed.

Loyalitas suami Sovi Arisandi ini sejatinya tidak hanya datangnya AHY ke Situbondo. Akan tetapi sudah terbangun ketika Janur menjadi kader Demokrat.

Sikap itulah yang membuat Janur terpilih aklamasi menjadi ketua DPC Demokrat Situbondo 2017 lalu. “Pak Janur sosok yang luar biasa untuk Demokrat Situbondo. Dia sangat dekat dengan kader dan simpatisan tanpa ada sekat,” kata Mas Tama, Wakil Ketua Bidang IV DPC Demokrat Situbondo.

Tak hanya di kalangan pengurus DPC Demokrat Situbondo, Janur Sasra juga dikenal sosok yang tegas dan mengedepankan pertemanan. Hal itu yang membuat bapak tiga anak ini mudah bergaul dengan siapapun. Sikap itulah yang membuat pengurus di tingkat kecamatan kagum dan segan dengan kepemimpinan Janur Sasra.

Bahkan untuk urusan keuangan untuk kegiatan partai atau orang yang lagi kesusahan, Janur juga dikenal sebagai orang yang dermawan. Sikap itu yang membuat pengurus PAC sangat segan. “Beliau sosok yang pengayom bawahannya dan sangat loyalis terhadap kader,pengurus maupun simpatisan,” sambung Naqsyabandi, Spd, Ketua, PAC Mangaran.

Tak hanya itu, Janur juga dikenal akrab dengan jurnalis. Hal itu yang membuat pria berusia 42 tahun ini tidak pelit ketika dikonfirmasi terkait apapun yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya baik di partai maupun di legislatif. “Pak Janur sangat supel dan terbuka orangnya,” kata Himmah wartawan PROKOTA.

Demikian untuk urusan keluarga, pria kelahiran Situbondo 24 Januari 1976 ini juga sangat dekat dengan istri dan tiga anaknya. Ditengah kesibukkannya mengurus partai dan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Situbondo, Janur tetap menyempatkan waktu berlibur untuk keluarga tercintanya. “Mas Janur orangnya humoris, meski pendiam. Dia sangat dekat dengan anak anak,” tandas Sovi selaku istri Janur.

Menanggapi semua itu, Janur tetap merendah. Pria alumnus Universitas Abdurachman Saleh Situbondo ini mengatakan apa yang selama ini dilakukan di Partai Demokrat sebagai bentuk pengabdian untuk bangsa dan negara. Khususnya warga Kabupaten Situbondo. “Saya berharap lewat Demokrat bisa memberikan yang terbaik bagi rakyat. Tentu endingnya kesejahteraan dan kemakmuran bagi warga Situbondo,” tandas pria penghobi nonton film ini. (*)