Istri Mantan Wali Kota, Siska Karina Imran Terpilih Sebagai Wakil Walikota Kendari

KENDARI PROKOTA.Com – Istri mantan Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra (ADP) yakni Siska Karina Imran terpilih menjadi Wakil Wali Kota Kendari. Kepastian ini setelah Siska terpilih dalam pemilihan yang digelar DPRD Kota Kendari, Kamis (5/3/2020).

Dalam pemilihan DPRD Kendari, berdasarkan perhitungan suara hasil pemilihan wakil wali kota Kendari dari 35 anggota DPRD Kota Kendari, Siska unggul 19 suara, sedangkan rivalnya Adi Jaya Putra yang juga anak Bupati Konawe Selatan hanya 16 suara anggota dewan. Jadi selisih 3 suara.

Seusai pemilihan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan pihaknya akan mengirimkan surat hasil penetapan ke pemerintah Provinsi Sultra sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah untuk disampaikan ke Mendagri RI.

“Hari ini, surat penetapan dan pengusulan pengangkatan dan pelantikan calon wawali Kendari kami kirimkan ke Gubernur,” ujar Subhan kepada awak media Jumat (6/3/2020).

Apabila nanti resmi dilantik, Siska akan menjadi Wawali Kendari periode sisa masa jabatan 2017-2022. Siska akan mendampingi Wali Kota Kendari Sulkarnain yang sebelumnya menggantikan ADP.

Siska mengatakan dirinya mengapresi kepada semua pihak yang telah mendukungnya dalam pemilihan pada Kamis (5/3/2020) di Gedung Paripurna DPRD Kota Kendari.

“Terima kasih semua atas dukungannya. Semoga harapan masyarakat Kota Kendari bisa terwujud menjadikan kota ini lebih baik ke depan. Target itu yang ingin saya lakukan tentunya bersama Walikota,” tutur Siska.

Siska menyadari jabatan Wawali tugasnya adalah membantu kerja Wali Kota Kendari. Artinya, pengambilan keputusan atau kebijakan berada di tangan Wali Kota Kendari. “Jadi kerja sama yang baik tentu perlu diciptakan dalam menjalankan roda pemerintahan. Supaya semua yang dicita-citakan bisa terwujud,” tandas Siska.

Seperti diketahui, ADP menjabat Wali Kota Kendari kurang lebih 4 bulan setelah dilantik pada Oktober 2017. Sebab ADP kini menjalani tahanan KPK karena kasus korupsi.

Karena hal itu, Wakil Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dilantik Mendagri melalui Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menjadi Wali Kota Kendari definitif pada 22 Januari 2019 lalu. Dengan demikian, jabatan wawali Kendari kosong selama lebih 1 tahun. (*)