Ingin Pelayanan Publik Maksimal, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Mutasi 45 ASN

PROKOTA BATU – Mengawali Bulan Kemerdekaan, pergantian posisi di Pemkot Batu kembali terjadi. Hal ini sengaja dilakukan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko untuk mengisi beberapa jabatan yang kosong.

Total ada 45 ASN dan dua tenaga medis yang dilantik Dewanti Rumpoko di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Rabu (1/8/2018).

Proses pelantikan itu mengacu SK Wali Kota Nomor: 821/ 67/SK.422.202/2018. Dewanti melantik jabatan administrator, pengawas dan tenaga medis yang diberi tugas tambahan sebagai kepala puskesmas. “Mutasi ini seharusnya sejak awal saya dilantik harus segera diisi. Tapi karena ada regulasi pelantikan dilakukan setelah 6 bulan menjabat, baru bisa digelar sekarang,” ujar Dewanti seusai melantik Rabu (1/8/2018).

Dewanti mengatakan ASN yang dilantik kali ini sudah disesuaikan dengan kompetensi di bidangnya. Selain itu, baperjakat sudah melakukan telaah terkait dengan golongan dan kepangkatan. Termasuk juga sesuai dengan latar belakang disiplin ilmunya. “Kalaupun ada yang tak sesuai dengan pendidikan, tapi kalau mereka mampu dan memiliki prestasi tentu ada catatan khusus,” ucap istri Eddy Rumpoko ini.

Bahkan, Dewanti juga memberikan signal dalam waktu dekat kemungkinan juga ada mutasi jabatan.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahkan pelantikan ini diharapkan mampu menjalankan roda pemerintahan di Kota Batu semakin baik.

Terlebih lagi ada empat jabatan kepala dinas yang kosong atau masih diisi Pelaksana Tugas (Plt). Yakni Dinas Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dinas Pendidikan serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskumdag).”Rencananya akan kami barengkan dengan pelantikan Sekda (Sekretaris Daerah) pelantikannya,” tutur Politisi PDIP ini.

Disinggung mengenai jadwal pelantikan, Punjul enggan berkomentar. Dia hanya mengatakan masih menunggu instruksi dari Gubernur Jatim Soekarwo. (*)