Getuk Resmi Diberhentikan Manajemen Arema, Milan Petrovic Naik Pangkat

PROKOTA MALANG – Torehan hasil buruk yang diraih Arema FC hingga pekan ke delapan berujung pada pemecatan pelatih Joko Susilo. Maklum saat ini tim Singo Edan berada di zona degradasi dengan perolehan enam poin dari delapan pertandingan.

GM Arema, Ruddy Widodo mengatakan keputusan pemberhantian Joko Susilo sebagai pelatih kepala sudah didasarkan pada hasil diskusi yang melibatkan jajaran manajemen, tim pelatih, hingga pemain, setelah Arema bermain imbang 1-1 melawan PSM Makassar, Minggu (13/5).
“Setelah diskusi panjang akhirnya diambil keputusan untuk memberhentikan Joko Susilo sebagai pelatih kepala,” ujar Ruddy Widodo kepada awak media.

Sebagai gantinya, manajemen Arema memilih Milan Petrovic yang awalnya sebagai asisten pelatih naik pangkat menjadi pelatih kepala Arema FC.

Namun demikian, tenaga Joko Susilo masih dibutuhkan manajeman Arema. Sehingga pelatih yang aktab dipanggil Getuk menjadi direktur teknik akademi Arema. Disamping itu, Getuk juga menjadi asisten pelatih Milan selama mengarungi kompetisi Liga 1. “Segala urusan administrasi tentang pergantian pelatih ini sudah dilaporkan kepada PT Liga,” kata Ruddy.

Menanggapi pemberhentian itu, Joko mengakui dirinya gagal membawa Arema berprestasi. Konsekuensi pemecatan dianggapnya sebagai hal yang wajar sebagai pelatih profesional.
“Saya menerima keputusan ini, saya ambil hikmahnya. Tentunya saya bisa fokus lebih dekat kepada keluarga,” kata Getuk.

Sedangkan terkait tawaran asisten pelatih, Getuk mengaku butuh waktu untuk memikirkan soal tawaran tersebut.

Sedangkan Petrovic menegaskan kesiapannya menjalankan tugas barunya di tim Singo Edan. Dan akan berusaha memperbaiki kualitas permainan tim asal Malang itu agar bisa mentas dari zona degradasi.

Hanya saja, Petrovic mengakui masih membutuhkan bantuan Gethuk. Mengingat Getuk yang lebih paham dan memiliki kedekatan dengan pemain lantaran yang sudah menata dari awal.
“Saya sudah mengenal karakter pemain satu per satu dan itu penting buat perbaikan kami. Saya akan berusaha memenuhi target yang dipatok manajemen untuk membawa tim ini bangkit,” tandas dia. (*)