Gagal di SBMPTN, Anda Bisa Masuk UB Lewat Jalur Mandiri. Apa Saja Syaratnya?

PROKOTA MALANG – Bagi Anda yang gagal masuk Universitas Brawijaya (UB) lewat jalur SBMPTN, masih ada peluang. Sebab UB membuka seleksi jalur mandiri untuk tahun ajaran 2018/2019.

Seleksi ini merupakan seleksi masuk UB yang diselenggarakan secara mandiri oleh pihak kampus UB. Artinya kebijakan terkait mekanisme penerimaan mahasiswa baru ditentukan oleh pihak internal kampus.

Seleksi Mandiri untuk masuk UB didasarkan pada nilai/skor yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2018. Jadi persyaratannya memang harus ikut test SBMPTN 2018. “Seleksi Mandiri tidak memerlukan ujian baik berupa UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak) maupun UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Seleksi didasarkan pada nilai/skor yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2018,” sebagaimana mengutip laman resmi yang diterbitkan kampus UB.

Untuk itu, bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi jalur mandiri di UB maka wajib telah mengikuti ujian atau tes SBMPTN 2018.

Sedangkan untuk persyaratan lengkap bagi pendaftar seleksi mandiri Universitas Brawijaya sebagai berikut:

• Warga Negara Indonesia (WNI);
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2016, 2017 dan 2018;
• Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah;
• Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah;
• Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
• Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya;
• WAJIB mengikuti ujian SBMPTN 2018 (UTBC/UTBK);
• Peserta ujian SBMPTN 2018 yang sebelumnya tidak memilih Program Studi di UB tetap bisa mengikuti Seleksi Mandiri UB 2018.
Sedangkan bagi Anda yang akan mengikuti seleksi mandiri, calon peserta bisa melakukan pengisian data awaldi laman https://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/smub/

Selanjutnya, gunakan alamat email yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar. Isikan data pada formulir dengan benar sesuai data pada SBMPTN. Apabila verifikasi berhasil, maka Anda akan memperoleh kode pembayaran. (*)