FMPP Kabupaten Malang Somasi Kadiknas Terkait Intervensi Pembentukan Komite Sekolah SMPN 4 Kepanjen

PROKOTA, MALANG – Langkah Diknas Kabupaten Malang yang membentuk komite sekolah tandingan SMPN 4 Kepanjen yang diketuai Warsito dikritik Front Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kabupaten Malang.

Bahkan Koordinator FMPP Kabupaten Malang, Asep Suriaman Senin kemarin (16/4/2018) juga langsung mengirimkan surat yang berisi klarifikasi dan somasi kepada kepala dinas pendidikan M. Hidayat terkait pelanggaran yang memfasilitasi pembentukan komite sekolah di kantor dinas pendidikan. “Kadiknas (M.Hidayat) sudah melampaui kewenangannya yang intervensi terkait pembentukan komite sekolah SMPN 4 Kepanjen,” ujar Asep Suriaman seusai mengantarkan surat somasi di kantor diknas.

Apalagi kata Asep pembentukan komite sekolah yang dilakukan diknas tanpa mengetahui dan tidak melibatkan kepala sekolah Suburiyanto. Sedangkan di SMPN 4 Kepanjen juga sudah terbentuk komite sekolah yang baru diketuai Nurul Qomariah.

Sikap kadiknas lanjut Asep bukannya mencarikan solusi. Justru sebaliknya membikin masalah baru. Terlebih lagi dengan adanya komite sekolah Warsito melanggar Peraturan Menteri Pendidikan nomrr 75/2016 tentang komite sekolah.

Seperti diberitakan, Diknas memfasilitasi pembentukan komite sekolah tandingan dibawah pimpinan Warsito. Dalihnya Diknas untuk menyelesaikan kasus yang terjadi di SMPN 4 Kepanjen. Padahal Kasek Suburyanto sudah membentuk komite sekolah baru yang diketuai Nurul Qomariah dan mendapatkan persetujuan wali murid.

Berdasarkan itu, lanjut Asep pihaknya memberikan deadline kepada Kadiknas M. Hidayat dalam jangka waktu 2×24 jam untuk memberikan penjelasan terkait pembentukan komite sekolah baru dengan pimpinan Warsito. “Kalau tidak ada jawaban ya kami akan laporkan kasus ini ke pihak berwajib,” tandas pria yang juga menjabat Direktur SETARA ini. (*)