Dua Pekan Operasi Patuh Semeru 2019, Polda Jatim Tindak 200 Ribu Pelanggar Lalu Lintas

SURABAYA PROKOTA.Com- Dirlantas Polda Jatim beserta jajaran telah menggelar Operasi Patuh Semeru 2019.

Kegiatan rutin setiap tahun itu digelar secara serentak selama dua pekan diseluruh Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya keselamatan berkendara.

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas ) Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan mengatakan pelanggar lalu lintas selama operasi patuh Semeru tahun 2019 di Jawa Timur mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Untuk kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang mengakibatkan korban meninggal dunia dan luka berat maupun ringan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya

Kecelakaan korban meninggal dunia terjadi di tiga tempat yang berbeda, diantaranya wilayah polres Nganjuk, Polres Probolinggo dan Polres Kediri Kota. “Total korban meninggal dunia selama Operasi Patuh Semeru 2019 sebanyak 9 orang,”ujar Kombes Pol Budi Indra Dermawan Kamis (12/9/2019).

Sementara pengendara kendaraan bermotor yang melanggar lalu lintas di jalan raya pada 2019 mengalami peningkatan sebanyak 16, 65 % dari tahun 2018 sebanyak 172.135 pelanggar, naik menjadi 200.732 pelanggar.

Para pengemudi kebanyakan tidak menggunakan helm SNI maupun pengendara yang melawan arus. “Pengendara di bawah umur kebanyakan didominasi oleh para pelajar. Sementara pengemudi roda empat pelanggarannya melebihi batas kecepatan dan tidak memakai sabuk pengaman (sefety belt) serta penggunaan rotator,” beber Budi Indra Demawan.

Kegiatan sosialisasi sebelum pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2019 dilakukan dengan aturan yang penuh kreatif dan preventif. Sosialisasi akan terus dilakukan dalam kegiatan kegiatan lainnya kepada para pengguna jalan raya.

Hasilnya cukup tinggi tingkat kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas di jalan raya. Justru anak-anak di bawah umur dan tidak memiliki Sim cukup meningkat dari 37.512 pada tahun 2018 menjadi 56.192.

Kedepan, kata Budi pihaknya akan terus melakukan sosialisasi pada saat yang bersamaan di seluruh jajaran. Polda Jatim. Berdasarkan analisa masing-masing terjadinya penurunan kualitas dan upaya operasi dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Setelah pelaksanaan operasi Patuh Semeru 2019 ini kami menghimbau agar masyarakat supaya sadar atas keselamatan dalam berlalu lintas. ” Kegiatan ini lagi akan digelar menjelang peryaan Natal dan tahun Baru 2020 mendatang,” tandas dia.(rusdi@)