DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Tuntaskan Konsolidasi

PROKOTA, MALANG – Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, serta Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Malang menuntaskan konsolidasi ke tingkat desa.

Konsolidasi dimulai dari pemilihan Pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) di 33 kecamatan sampai dengan Dewan Pimpinan Ranting di 390 desa dan kelurahan.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang H Ghufron Marzuqi mengatakan pembentukan Pengurus DPAC merupakan hal yang sangat penting. Mengingat sebagai syarat untuk bisa unggul dalam setiap pertandingan.

Selain itu, konsolidasi ini sebagai upaya regenerasi dan meneguhkan komitmen jajaran pengurus untuk loyal pada garis perjuangan partai sebagaimana ditentukan secara nasional oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

DPP Partai Demokrat telah menetapkan salah satu agenda utama yang penting yaitu memenangkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di tahun 2018 ini. “Jawa Timur (Jatim) ini sebagai salah satu penyumbang suara terbesar secara nasional,” ujar Gufron dikantor DPC Demokrat di Kepanjen Selasa (17/4/2018)

Gufron menegaskan Partai Demokrat Kabupaten Malang sangat serius untuk memenangkan tiga agenda Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Untuk itu, Partai Demokrat Kabupaten Malang harus mengkonsolidasikan Musyawarah Anak Cabang (Musancab) di 33 kecamatan dan 390 Ranting di tingkat desa dan kelurahan. Tujuannya ada persepsi yang sama untuk memenangkan semua agenda pemilu.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Josua Sebayang menambahkan, DPC sudah menyelesaikan seluruhnya terkait agenda Musancab dan Ranting. Saat ini tinggal proses penyempurnaan administrasi serta penyempurnaan dan rekrutmen kader atau pengurus yang baru sudah selesai tuntas di 33 kecamatan dan 390 desa.

Dengan terbentuknya 33 DPAC dan 390 Ranting, maka DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang telah sukses melaksanakan amanat DPP dan Amanat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar di Bogor beberapa waktu lalu.

Josua mengatakan, secara keseluruhan suksesi kepemimpinan ditingkat kecamatan dalam kegiatan Musancab yang digelar seluruhnya berjalan mulus dan lancar tanpa hambatan apapun.

Meskipun dibeberapa kecamatan ada dinamika yang tadinya krusial dan alot untuk menyepakati Ketua DPAC yang baru. Akan tetapi berkat figur Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat H. Susilo Bambang Yudoyono (SBY) semuanya bisa terkendali dengan baik dan mencapai musyawarah mufakat dan aklamasi untuk Ketua DPAC yang baru. “Kami bersyukur bisa menuntaskan konsolidasi hingga tingkat desa,” tandas dia. (*)