DLH Kota Malang Konsisten Lakukan Penanganan Pengelolaan Sampah di TPA

MALANG Prokota – All outnya DLH kota Malang untuk konsisten lakukan penanganan dan pengelolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, salah satunya pembangunan Instalasi pengelolaan limbah khusus tinja bakal direalisasikan Pemkot Malang dalam waktu dekat. “Program ini merupakan hibah dari Kementerian PUPR dan dibangun di kawasan TPA Supit Urang, “ungkap Walikota Malang Sutiaji di Balaikota (6/2).
Pasalnya politisi asal Demokrat itu mengaku sudah melihat langsung lokasi instalasi pengelolaan limbah tinja tersebut. Bahkan rencananya akan diserah terimakan kepada Pemerintah Kota Malang dalam waktu dekat.“Untuk instalasi lumpur tinja ini akan segera diserahkan ke Pemkot Malang, ” beber Sutiaji.

 

Terpisah Agoes Edy Poetranto Kadis Lingkungan Hidup Kota Malang menambahkan lebih jauh bahwa, instalasi tersebut dikhususkan untuk pengelolaan limbah domestik berasal dari black water atau lumpur tinja dan grey water atau air cucian.

Pasalnya teknologi ini tidak diperuntukkan menerima limbah pabrik maupun limbah bahan beracun dan berbahaya (B3). Sebab ditakutkan menganggu sistem pengelolahanya. Pengelolaan lumpur tinja, dinilainya, sangat penting. Karena berkaitan dengan lingkungan hidup. Secara berkala limbah tinja harus disedot dari septic tank. Maksimal lima tahun sekali. Jika dibiarkan, akan meresap dan mempengaruhi kualitas air dalam tanah.“Nanti kualitas air dalam tanah bisa saja terpengaruh dan menyebabkan bakteri,”tegasnya usai hearing dengan Komisi C DPRD itu nyakin.(*)