DLH kota Malang bersama SD INSAN AMANAH Bawa “Eco Technology Program” diAjang Indonesia Climet Change Forum and Expo 2019

SUMUT PROKOTA.com – Eco technologi merupakan bagian dari terobosan kepedulian terhadap lingkungan hidup dengan sentuhan teknologi sederhana dan tepat guna diera millenial digital saat ini.

“Kenapa harus eco technologi, karena dengan teknologi semua pekerjaan manusia akan menjadi mudah termasuk dalam pengelolaan lingkungan hidup.” UngkapĀ  Lilis Furqonia Hayati Sekdin LH Kota Malang lewat rilis yang dikirim ke Prokota.com

Untuk lebih all out di ivent Indonesia Climate Change Forum dan Exspo 2019
Pekan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, DLH KOTA MALANG bersama SD INSAN AMANAH ikut serta dalam kegiatan ini.

“Stand terisi dengan karya eco technology tepat guna ramah lingkungan yang sudah diterapkan dalam pembelajaran di SD Insan Amanah, diantaranya,

Smart Trash Bin. Tempat sampah pintar sebagai solusi penanganan sampah yang melimpah dengan penuh kemudahan karena tempat sampah ini sudah dilengkapi dengan sensor ultrasonik yang mampu mendeteksi benda didepannya sehingga mampu membuka dan menutup secara otomatis ketika ada yang membuang sampah.

Water Cleaner Robot. Jenis robot yang dapat digunakan untuk membersihkan air kolam dari kotoran sampah yang ada di dalam air. Sehingga sangat memudahkan dalam membersihkan air kolam agar tetap terjaga kebersihannya. Robot ini juga dilengkapi dengan filter air yang mampu menyaring air keruh menjadi jernih kembali.” Tandasnya nyakin.

Sementara Imam guru SD INSAN AMANAH yang ikut dalam rombongan DLH kota Malang menambahkan bahwa Vacuum Cleaner Robot, jenis robot pembersih lantai mampu menjalankan dua fungsi sekaligus yaitu untuk penyapu dan pengepel cukup dicontrol dengan aplikasi smartphone android, sehingga dapat meringankan beban pekerjaan manusia.

Tak kalah menariknya juga ada Lampu Taman Tenaga Surya Otomatis. Automatic Solar Garden Light memberikan solusi untuk penerangan taman di sekitar rumah maupun sekolah yang ramah lingkungan karena menggunakan pasokan sumber listrik tenaga surya. Alat ini dapat bekerja secara otomatis jika kondisi gelap lampu akan menyala dan jika kondisi sudah terang lampu akan padam dan panel surya akan bekerja mengisi energi listrik pada baterai di sepanjang hari.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), Pemanfaatan aliran air yang ada di lingkungan sekolah maupun rumah, merupakan salah satu bentuk terobosan yang cerdas untuk pembuatan teknologi ramah lingkungan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebagai sumber energi alternatif untuk mengurangi penggunaan energi listrik utama.

Alat Penghemat listrik Smart Electric Saver adalah alat yang dapat menghemat beban penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk skala sekolah, rumah tangga, perkantoran, pertokon, dan perusahaan.

Automatic Saclar LDR. Rangkaian Sensor LDR untuk saklar lampu otomatis merupakan rangkaian yang sederhana tapi bermanfaat guna pensaklaran otomatis berdasarkan intensitas cahaya.

Alat ini sangat berperan penting dalam upaya penghematan energi listrik yang diakibatkan penggunaan saklar manual seringkali lupa mematikan lampu saat kondisi yang sudah siang atau terang.

Air Purifier TS (Penjernih Udara Tenaga Surya).
Smart Air purifier merupakan suatu alat yang dapat membersihkan udara di ruangan sekolah, rumah, maupun perkantoran.
Dengan alat ini, partikel alergen atau penyebab alergi seperti debu dapat difilter.

Harapannya dengan mengikuti exspo ini bisa ikut andil dan berperan aktif dalam menyelamatkan iklim melalui karya Eco Teknologi sederhana ramah lingkungan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan melalui edukasiĀ  pembelajaran di sekolah-sekolah maupun instansi terkait.”paparnya nyakin.

Terpisah Musya Rajesah Wagub Sumut saat safari ke stand DLH kota Malang mengapresiasi stand expo dan program yang diusung DLH SD Insan AMANAH kora malang.

“Bagus dan sangat kreatif. patut diadopsi di kota/ kab di Sumut, bisa dicontoh utk di daerah kita,insha allah akan kami tindak lanjuti dengan studi banding dan lebih jauh belajar ke Jatim khususnya DLH Kota Malang,” tutur Wagub yang diamini Kadis LH Prov SUmut Binsar Situmorang optimis.(*)