DLH – DPUPR Bersama Walikota Berjibaku Bersihkan Sampah dan Bongkar Penyumbat Drainase

PROKOTA.Com MALANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang berserakan usai malam perayaan Tahun Baru. Beberapa titik yang disasar antara lain  jalan Ijen, depan Balaikota,  jalan Trunojoyo dan kawasan alun-alun Merdeka.

Tumpukan sampah ini tak seharusnya terjadi bilamana diantara kita memiliki kesadaran untuk saling menjaga dan mengingatkan akan kebersihan lingkungan.  Pasalnya, aktivitas berkumpul bersama keluarga, kerabat ataupun sahabat di malam Tahun Baru ini ternyata menjadi beban bagi orang lain.

“Faktanya begitu,  seakan menjadi tradisi.  Meskipun kita sangat berharap, seyogyanya ungkap gembira tetap memperhatikan dampaknya pada lingkungan.  Karenanya,  di malam tahun baru dan pascanya, kita tugaskan dan luncurkan tim gerak cepat kebersihan,” kata Kepala DLH Kota Malang. Ungkap Rinawati.

Lebih jauh dikatakan mantan kabag Perekonomian itu bahwa untuk membersihkan sampah tersebut pihaknya menerjunkan pasukan penyapu jalan sebanyak 20 personil dan sopir armada 5 personil,  dengan ditopang minidamp 1unit, Roadsweper dan Compaktor 1unit. Tim Gerak Cepat DLH yang dikawal Kepala Bidang Kebersihan, Joao MGD Carvalho tersebut mengumpulkan kurang lebih 5 ton sampah.

Terpisah Walikota Malang, Sutiaji menegaskan bahwa masalah sampah memang lebih karena faktor perilaku. “Oleh karenanya dilaunchingnya Gerakan Angkut Sampah dan Sedimen (GASS), sesungguhnya goal utamanya adalah membangun perilaku dan budaya bersih serta tertib membuang sampah pada tempatnya,” harap Sutiaji.(*)