Cegah Peredaran Narkoba, BNNK Tuban dan Pemkab Tuban Teken MOU sekaligus Launching Kurikulum Pendidikan P4GN Terintegrasi di Sekolah Se-Kabupaten Tuban 

PROKOTA TUBAN – Kesadaran tinggi ditunjukkan jajaran di lingkungan Pemkab Tuban akan bahaya narkoba. Buktinya untuk mencegah maraknya peredaran narkoba, Pemkab Tuban melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dan Launching Kurikulum Pendidikan P4GN Terintegrasi SMP/MTs, SMA/SMK/MA dengan BNN Kabupaten Tuban di Pendopo Kabupaten Tuban Selasa (2/10/2018).

Dalam kesempatan itu dihadiri langsung oleh Bupati Tuban Fathul Huda, Ketua DPRD Tuban Miyadi bersama jajaran Forpimda Tuban dan tamu undangan sebanyak 350 orang.

Adapun tamu undangan itu ada perwakilan ormas Nu Tuban, Muhammadiyah, Aisyiyah, Fatayat, Muslimat, GP Anshor, IPNU/IPPNU, Pemuda Muhammadiyah dll. Serta Kepala Sekolah SMP dan SMA Sederajat Se-Kabupaten Tuban.

Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjana mengatakan lembaga pendidikan setidaknya mengemban tugas fungsi. Pertama, fungsi reproduksi. Artinya eksistensi sekolah sebagai pembaharu dan mengubah kondisi masyarakat kekinian ke sosok yang lebih maju

Kedua, kata Made lembaga pendidikan berfungsi sebagai penyadaran. Artinya sekolah bertanggung jawab untuk mempertahankan nilai-nilai budaya masyarakat dan membentuk kesejatian diri sebagai manusia.

Dan yang terakhir lanjut Made, fungsi mediasi secara simultan. Artinya sekolah sebagai wahana sosialisasi, pembawa bendera moralitas, proses pemanusiaan dan kemanusiaan umum. Serta pembinaan idealisme sebagai manusia terpelajar. Untuk itulah pendidikan memegang peranan amat penting dalam upaya membangun watak bangsa (nation character building) untuk menjaga kelangsungan hidup sebuah negara bangsa sebagaimana yang tertuang dalam tujuan pendidikan nasional. “Dengan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan kurikulum pendidikan P4GN (Pencegahan,Pemberantasan,Penyalahgunaan,dan Peredaran Gelap Narkoba) yang terintegrasi harapannya bisa mencegah dan menekan penggunaan narkoba di kalangan siswa,” kata pria mantan kepala BNN Kabupaten Malang ini.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda menegaskan dengan MoU ini harapannya bisa menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran siswa dan warga sekolah terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba.

Disampingnya itu, siswa dan warga sekolah berperan aktif dalam penanggulangan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Apabila itu bisa diwujudkan lanjut Fathul Huda akan menciptakan kader yang mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi anak didik dan lingkungan sekolah. “Apabila semua bisa diwujudkan maka lingkungan sekolah akan terbebas dari ancaman bahaya narkoba,” tandas dia. (*)