Caleg Pendatang Baru, Krisdayanti dan Gus Ali Ahmad Melenggang ke Senayan

PROKOTA MALANG – KPUD Malang Raya akhirnya mampu menuntaskan proses rekapitulasi suara. Dari hasil itu, delapan kursi anggota DPR RI asal Malang Raya periode 2019-2024 pun akhirnya bisa diketahui publik, Selasa (7/5/2019).
Menariknya dua dari delapan caleg DPR RI ada dua pendatang baru. Yakni Krisdayanti atau akrab dipanggil KD (PDIP) dan Ali Ahmad (PKB).

Hal ini berdasarkan data rekapitulasi hasil Pemilu yang dikalkulasi suara kursi DPR RI menggunakan sainte league (sistem penghitungan Pemilu).

Adapun perolehan suara berdasarkan data rekapitulasi se-Malang Raya diketahui PDIP mengantongi 560.227 (3 kursi), PKB mendapatkan 368.755 (2 kursi), Gerindra mengantongi 207.707 (1 kursi), Golkar mendapat 173.640 (1 kursi) dan NasDem mendapatkan 161.548 (1 kursi).

Sementara itu, Krisdayanti berada di peringkat pertama. Diva pop yang diusung PDI Perjuangan ini berada di peringkat pertama dengan meraih 132.131 suara.

Posisi kedua ditempati Hj Lathifah Shohib (PKB) mendapatkan 109.992 suara. Setelah itu Ahmad Basarah (PDI Perjuangan) meraih 104.914 suara.

Pembalap Moreno Soeprapto (Gerindra) sebanyak 59.296 suara, Andreas Eddy Susetyo (PDI Perjuangan) 52.641 suara, Ali Ahmad (PKB) 47.507 suara. Kemudian disusul Ridwan Hisjam (Golkar) 35.529 suara dan Kresna Dewanata (Nasdem) memperoleh 30.011 suara.

Lolosnya dua nama, Krisdayanti dan Ali Ahmad sebetulnya bukan satu hal yang mengejutkan. Mengingat keduanya sudah jauh hari diprediksikan menjadi penantang serius di pemilu 2019.

Krisdayanti saat diwawancarai awak media mengucapkan rasa syukur atas perolehan suara terbanyak di daerah pemilihan Malang Raya. “Alhamdulillah terimakasih apresiasinya, mohon doanya semoga berdiri untuk rakyat dalam perjalanan penuh amanah dan doa. Jangan mengecewakan konstituen di dapil dan tim yang sudah berjuang,” ujar KD.

Perempuan kelahiran Kota Batu ini ingin menjadikan DPR yang lebih produktif dan meningkatkan kinerja legislasi yang berkualitas. “Intinya saya ingin bisa mengabdikan untuk masyarakat Malang Raya nantinya,” kata KD.

Hal senada juga diungkapkan Ali Ahmad. Pria yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Malang itu bersyukur serta berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberikan amanahnya bagi dirinya. “Syukur Alhamdulillah PKB mendapatkan 2 kursi untuk DPR RI. Kursi ke-2 dan ke-7. Ini amanah besar bagi kami. Tentunya akan kita perjuangkan untuk kepentingan masyarakat Malang Raya,” tegas pria yang akrab dipanggil Gus Ali. (*)