Bupati Situbondo Support Penuh Pariwisata Goes To Campus

PROKOTA, SITUBONDO – Beragam cara dilakukan instansi untuk mensukseskan tahun kunjungan wisata Situbondo 2019. Ini terlihat Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH membuka Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan (Pariwisata Goes To Campus di peringgitan luar Penpodo Bupati, Kamis (22/03/2018).

Acara ini diselenggarakan kerjasama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Ibrahimy (AMIKI) dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. “Kami berterima kasih banyak pihak yang support untuk terus memajukan pariwisata di Situbondo. Ini modal berharga untuk menyambut tahun kunjungan wisata ke Situbondo 2019,” ujar Dadang Wigiarto dalam sambutannya.

Kepala Sub Bidang Pelatihan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Budi Supriyanto, S.Kom mengatakan, acara ini bertujuan memberikan dasar kepariwisataan kepada para mahasiswa Situbondo. Mereka diajarkan bagaimana berperilaku sebagai tuan rumah yang ramah di tempat wisata. Sehingga mereka bisa melayani dengan maksimal kepada para wisatawan yang berkunjung ke Situbondo. “Ini persoalan mendasar. Jika pelayanannya sudah ramah saya jamin wisatawan akan datang terus ke Situbondo,” ujar Budi.

Sementara itu, Direktur AMIK Ibrahimy, Zaenol Fatah, M.Kom menegaskan mahasiswa harus ikut mendukung program Pemkab Situbondo yang sudah mencanangkan tahun kunjungan wisata 2019.

Mahasiswa identik dengan anak muda yang memiliki memiliki peran sebagai cyber sosmed. Keahlian ini harus dimaksimalkan untuk memenuhi media sosial. Sehingga menjadi media promosi keindahan alam dan budaya Situbondo kepada netizen.

Anas Tohir selaku Anggota DPR RI Komisi 10, menyampaikan agar promosi wisata harus diimbangi dengan pembangunan infrastruktur pariwisata yang baik. Serta menghidupkan budaya bersih dan tertib pada masyarakat Agar wisatawan senang berkunjung ke Situbondo. “Kalau infrastruktur sudah bagus, kami yakin wisatawan akan nyaman dan mau datang kembali ke Situbondo,” tandas dia. (*)