Bupati Lumajang Gus Toriq “Ngamuk” Usai Temukan Karcis Liar di Timbangan Pasir PT Mutiara Halim Berkop Pemkab Lumajang

LUMAJANG PROKOTA.Com – Sikap tegas dan lugas kembali ditunjukkan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Betapa tidak, Bupati yang dibesarkan oleh PKB ini ngamuk saat melakukan sidak di timbangan pasir milik PT Mutiara Halim di Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Gara-garanya, perusahaan ini diduga telah melakukan pemalsuan karcis yang mengatasnamakan Pemkab Lumajang.

Temuan itu didapatkan Gus Toriq usai sidak bersama Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Basuni pada Kamis (13/5/2019) malam di salah satu portal timbangan pasir milik PT Mutiara Halim. “Wah gak bener ini, berani beraninya mereka (PT Mutiara Halim) menggunakan logo pemkab di karcis. Ini udah pemalsuan dokumen. Jadi barang bukti ini,” ujar Gus Toriq dengan nada tinggi.

Gus Toriq menegaskan PT Mutiara Halim sudah melakukan hal diluar prosedur. Sebab dirinya mendapatkan karcis sebagai tanda bukti pungutan yang tidak resmi dengan dalih atas nama Pemkab Lumajang.

Pada karcis liar tersebut dibuat rangkap dua. Karcis pertama menggunakan kop Pemkab Lumajang. Adapun isinya mengenai plat nomor kendaraan pasir disertai nominal pungutan sebesar Rp 5 ribu.

Sedangkan di karcis kedua berupa nota print komputer untuk rekapan.

Konyolnya lagi, kata Gus Toriq, dalam karcis itu bertuliskan Dinas Pengelola Keuangan Daerah. Padahal dinas tersebut sudah tidak ada. “Jadi karcis ini dibuat dan diperbanyak oleh Mutiara Halim. Ini jelas jelas pemalsuan. Kate dadi opo negoro iki (mau jadi apa negara ini,red),” gerutu pria yang akrab dipanggil Cak Toriq ini.

Bahkan dalam sidak, untuk membuktikan dugaan pemalsuan Cak Thoriq juga bertanya kepada para sopir truk yang kebetulan sedang berada di timbangan.

Dan para sopir tersebut memang mengaku karcis yang didapatkan Cak Thoriq berasal dari PT Mutiara Halim.

Ketika dikonfirmasi ke perwakilan PT Mutiara Halim yang berada di timbangan, Gus Toriq sempet bersitegang lantaran dari perwakilan PT Mutiara Halim selalu berbelit saat ditanyai. “Karcis ini menjadi temuan saya malam ini. Besok saya akan membuat keputusan dan kebijakan soal kasus di PT. Mutiara Halim,” tandas Suami dari Musfarina Nuryantin ini. (*)