Bung Edi: Pasti Ada Peluang yang Bisa Kita Raih dan Capai

MALANG PROKOTA.COM – Aksi Wakil Walikota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko memberikan motivasi saat memanen kopi tulang di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Nasrani Sukun (19/06/2020). “Saya menghimbau dan mengajak, ayok di saat-saat sulit ada tantangan ada kesulitan, pasti ada peluang yang bisa kita raih dan kita capai” ujar Bung Edi saat memberikan sambutan setelah memanen kopi.

“Kita saksikan panen, kita petik tadi dan sudah kita cicipi, kopinya luar biasa, kopi robusta” ujar Bung Edi sapaan akrab Wawali Kota Malang.

Tanaman kopi yang sudah ditanam sejak 3,5 tahun lalu di TPU Nasrani Sukun ini sekarang menunjukkan hasil yang memuaskan. Tahun ini, total kurang lebih 1,5 ton biji kopi dipanen di koeboeran Londo, sebutan lain TPU ini. Pohon-pohon kopi tumbuh subur di antara nisan kuburan bersama juga dengan tanaman lainnya.

Kolaborasi antara Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Koeboeran Londo dan UPT PPU (Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pemakaman Umum) DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Malang dalam mengelola kopi yang diberi nama Kopi Tulang. Mempunyai cita rasa tersendiri dan dengan pengelolaan yang benar, kopi tulang ini mempunyai peluang pasar yang bagus. “Aromaanya mantap, taste-nya rasanya juga nendang. Jadi kalo dilakukan dimalam hari sambil ada pisang goreng, pisang godog dan pohong godog pohong goreng rasanya semakin mantap,” kata Bung Edi.

Selanjutnya Bung Edi menambahkan bahwa kombinasi kopi dan Koeboeran Londo bisa menjadi destinasi wisata baru Kota Malang. “maka dari rangkaian kegiatan yang dilakukan selama 3,5 tahun ini adalah destinasi wisata” jelasnya.(*)