Berbagi Dor To Dor ALa Aksara Tumapel Di tengah Covid-19

MALANG PROKOTA.Com – Meskipun bulan ramadan kali ini berada dalam suasana adanya pandemi Covid-19, namun komunitas Aksara Tumpal yang beranggotakan para penulis dan wartawan, tetap konsisten memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa. Dalam acara yang sudah terhitung ke-17 kalinya ini, mereka memberikan santunan ke sejumlah lokasi di Kota Malang.

Mulai Sabtu (2/5/2020) sore, lokasi yang dituju adalah Pondok Pesantren Darul Hidayah Bareng Kartini, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang. “Kami ingin mengisi giat ibadah sosial berbagi Ramadhan di tengah Pandemi Covid–19. Kami menyantuni 60 Yatim Sabtu (2/5/2020),” tandas Perwakilan Aksara Tumapel, Muhammad Taufik.

Sekilas informasi, keceriaan sekitar 60 anak-anak yatim atau para santri Pondok Pesantren Darul Hidayah, yang ada di Bareng Kartini, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang nampak tergambar jelas sore ini. Raut muka mereka berkembang senyum bahagia bersama dengan para pengasuh Pondok Pesantren Darul Hidayah.

Kebahagiaan mereka terukir setelah mendapatkan santunan dari para penulis, masyarakat gemar membaca dan para jurnalis yang tergabung dalam komunitas Aksara Tumapel Malang.

Taufik menjelaskan,  jika komunitas yang anggotanya para penulis termasuk para wartawan ini sudah tahun ke 17 dalam memberikan santunan kepada para anak yatim dan kaum dhuafa. “Bukan hanya ini, mulai hari ini sekitar 200 anak yatim maupun kaum dhuafa di beberapa tempat akan diberikan santunan dengan model dor to dor ketempat penerimanya, seperti dimulai hari ini Minggu tgl 3/5 ke daerah kelurahan Samaan, seterusnya besok, lusa hingga tuntas ”jelasnya.

Pemberian santunan ini, memang berbeda dari biasanya. Sebab di masa pandemi ini komunitas Aksara Tumapel langsung mendatangi para anak-anak yatim maupun kaum dhufa, dan tidak mengumpulkan lagi dalam satu tempat. “Selain di sini masih ada beberapa panti asuhan lagi yang akan kita datangi untuk menyalurkan amanah dari teman-teman,” terang Taufik.

Sementara itu, dijelaskannya, jika dana santunan yang diberikan kepada kaum dhuafa dan anak yatim ini berasal dari donasi teman-teman Komunitas Aksara Tumpel yang ingin berbagi membuat secercah senyum di wajah para anak yatim maupun kaum dhuafa di tengah masa pandemi ini.

“Harapan kami semoga saja kegiatan ini bisa memotivasi teman-teman lain untuk bisa berbagi di tengah masa sulit ini. Selain uang santunan, juga terdapat sembako,” beber Taufik.

Sementara itu, Hisa Al Ayyubi, pengasuh Pondok Pesantren Darul Hidayah, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Aksara Tumapel yang telah 17 tahun rutin menjalankan kegiatan sosial. “Ucapan doa untuk teman-teman agar selalu sehat dan terhindar dari bala serta dijauhkan dari musibah,” tutup Hisa.(*)