Ajang Joko-Roro juga Memilih Duta Sanitasi

PROKOTA, MALANG – Puncak pemilihan Joko-Roro sebagai Duta Wisata Kabupaten Malang semakin dekat. Sebab panitia hari ini akan memilih 15 pasang yang dipastikan menjadi Joko-Roro Kabupaten Malang 2018.

Untuk menuju 15 pasang, Minggu, (11/3/2018) siang masih dilaksanakan tes presentasi terhadap 25 pasang di hotel Fariz Karangploso dengan tujuh orang tim juri.

Mereka harus mempresentasikan tentang wisata di Kabupaten Malang dengan segala profilnya. Namun demikian, pada tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang juga akan memilih duta baru yakni Duta Sanitasi. “Tahun ini akan dipilih Duta Sanitasi,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara SH.

Sebenarnya ide awal pemilihan Joko-Roro ini, kata Made, sangat membutuhkan kolaborasi dari seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kabupaten Malang. Sebab keberadaan Joko-Roro ini tugas dan tanggungjawab mereka adalah ikut mempromosikan semua yang dikerjakan Pemkab Malang.

Karena itu, dalam pemilihan Joko-Roro tahun ini ada tujuh kategori yakni Joko-Roro, Wakil 1, Wakil 2, kemudian ada duta-duta di dalamnya yakni duta sanitasi, duta desa wisata, duta berbakat, dan duta favorit.

Made mengatakan, pihaknya sangat membuka kesempatan seluas-luasnya kepada semua OPD untuk ikut memanfaatkan ini sebagai ajang untuk menentukan duta masing-masing.
Dan kebetulan tahun ini yang menangkap momen ini adalah Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang, pak Wahyu Hidayat yang akan memilih Duta Sanitasi. “Duta sanitasi saya rasa penting karena masih ada kaitannya dengan pariwisata,” kata pria asal Bali ini. (*)