Agus Gunarto Peraih Award Proklim 2019 Bersama DLH kota Malang Siap Wujudkan Kampung Kalpataru 2020

MALANG PROKOTA.com – Keseriusan Pemerintah kota Malang menuju Kota bebas sampah plastik 2025, sekaligus terwujudnya Malang Kota Kalpataru 2020, salah satunya bersama Dinas Lingkungan Hidup kota Malang dengan fokus pembinaan ke kampung kampung bersinar untuk meraih kota Kalpataru.

“Salah satunya yang utama adalah dengan membangun suur resapan atau Biopori disemua kelurahan minial, maksimal semua lingkungan RW yang ada, tujuannya adalah menahan dan mengurangi laju air disaat musim penghujan, pengelolaan konservasi air dengan sumur resapan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat kelurahan Tlogomas untuk beradaptasi.” Ungkap Agus Gunarto konsultan Adiwiyata dan penggagas kampung proklim.

Lanjut pensiunan kabid lingkungan DKP kota Malang juga peraih award lingkungan dari USA itu menambahkan bahwa harapan USAID Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (USAID APIK) berupaya meningkatkan ketangguhan masyarakat Kelurahan Tlogomas terhadap dampak perubahan iklim dan bencana melalui peningkatan kapasitas dinas terkait maupun kader tangguh bencana. Untuk mengatasi ancaman banjir perkotaan,

“USAID APIK mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terkait penataan kampung hijau berbasis masyarakat, yang hasilnya kemudian ditindaklanjuti dengan mengadakan pelatihan percontohan sumur resapan model komunal yang diselenggarakan hingga bulan akhir Desember 2019.” Ungkap  Agus Gunarto penggagas Kampung Proklim di kawasan RW 07 kelurahan Tlogomas  nyakin.

USAID APIK memfasilitasi pelatihan yang diikuti dengan pembangunan sumur resapan model komunal sebagai aksi adaptasi pengurangan risiko bencana di masyarakat. Dalam pelaksanaannya, USAID APIK turut melibatkan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dalam pengukuran laju infiltrasi air pada sumur resapan. Hingga bulan akhir 2019, tercatat sebanyak lima sumur resapan model komunal telah terbangun.insha allah target meraih kampung Kalpataru sekaligus Kota Proklim 2020 tercapai,” pungkasnya nyakin.(*)