Aktifis Lingkungan, Ir Bambang Irianto : Pohon Dicor Bentuk Pelanggaran Lingkungan

MALANG PROKOTA.Com – Adanya pengecoran pohon yang dilakukan rekanan Pemkot Malang dalam pembuatan pedestrian mengundang reaksi masyarakat Kota Malang.

Bahkan kejadian ini viral di media sosial. Banyak pihak yang menyayangkan cara Pemkot Malang membangun pedestrian dengan merusak lingkungan.

Bahkan, tokoh yang aktif di bidang lingkungan Kota Malang peraih kalpataru Bambang Irianto juga menyesalkan kejadian tersebut.

Bambang mengatakan semestinya perencanaan terkait pembangunan pedestrian harusnya pada menggunakan pendekatan ramah lingkungan. Bukan sebaliknya justru merusak lingkungan. “Harus dilakukan pembongkaran jika memang ada pohon yang sudah terlanjur di cor,” ujar Bambang kepada media online PROKOTA.Com ini.

Seperti diberitakan masyarakat Kota Malang mengecam atas pembangunan pedestrian di sepanjang Jalan JA Soeprapto. Sebab pembangunan pedestrian dengan cara merusak lingkungan lantaran banyak tanaman yang di cor. Kondisi ini mmebuat masyarakat khawatir pohon pohon tersebut mati.

Terkait pembangunan pedestrian kata Bambang, Pemkot tidak hanya mengedepankan konsep pembangunan yang mengedepankan estetika saja. Akan tetapi fungsi pedestrian harusnya sebagai resapan air. Sehingga bisa mengurangi dampak banjir.

Bukan sebaliknya pedestrian itu dicor dan di keramik lantainya. Padahal harusnya lantainya dibangun dengan menggunakan paving. “Ini sama saja menghilangkan area resapan air. Tinggal nunggu saja nanti kalau musim hujan ya tambah banjir,” tandas dia. (*)