2018, Bupati Situbondo Targetkan Prestasi Kota Layak Anak

PROKOTA SITUBONDO – Pemkab Situbondo menargetkan tahun ini menjadi Kabupaten Layak Anak. Target itu dicanangkan Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH ketika membuka pertemuan Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) dalam rangka persiapan pelaksanaan evaluasi KLA tahun 2017 pada 19 Maret 2018 lalu.

Dadang mengatakan pencanangan kota layak anak (KLA) ini telah dilaunching pemkab pada 2012 lalu. Hanya saja baru tahun ini, 2018, ditarget diharapkan bisa meraih prestasi KLA.

Untuk merealisisasikan itu, Dadang sudah mengintruksikan semua OPD dan instansi untuk komitmen meraih prestasi tersebut. Jadi terkait pengumpulan data evaluasi dan pemenuhan persyaratan sebagai kabupaten layak anak (KLA) pada tahun ini semuanya harus disiapkan.

“Hal ini bukan sebagai mengejar prestasi, melainkan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap anak-anak Situbondo,” ucap Dadang.

Dadang menegaskan, Pemerintah daerah memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menyediakan lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Mengingat mereka generasi penerus yang akan menentukan kemajuan suatu daerah di tahun-tahun yang akan datang.

Untuk itu, kemajuan daerah tidak hanya dinilai dari aspek ekonomi melainkan juga aspek kabupaten layak anak.

Dadang menekankan untuk lebih memperhatikan outcome atau manfaatnya bukan output. Outcome menjadi ukuran yang harus kita jadikan target. Jadi harus ada perbedaan antara sebelum dan sesudah ada program KLA.

Untuk meraih KLA, ada lima klaster penilaian yang harus bisa dilalui dengan baik oleh kabupaten Situbondo. Yakni klaster penilaian, pertama, hak sipil dan kebebasan. Kedua, lingkungan keluarga dan asuhan alternatif. Ketiga, kesehatan dasar dan kesejahteraan. Keempat, pendidikan dan pemanfaatan waktu luang, dan kelima, perlindungan khusus. “Kelima item ini sudah disiapkan. Semoga target kami menjadikan Situbondo sebagai Kota Layak Anak bisa direalisasikan,” tandas dia. (*)